Beranda » Artikel Blog » 3 Cara Mudah Mencegah Buah Mangga Pecah Sebelum Matang

3 Cara Mudah Mencegah Buah Mangga Pecah Sebelum Matang

Diposting pada 28 Juli 2021 oleh admin | Dilihat: 37 kali | Kategori:

Cara Mencegah Buah Mangga Pecah Sebelum Matang – Sebagai orang Indonesia anda pasti familier dengan buah mangga. Tidak bisa dipungkiri, mangga memang merupakan tanaman buah yang banyak dan sangat mudah dibudidayakan. Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus agar pohon mangga dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Hanya dengan melakukan penyiraman secara rutin dan memberikan pupuk secara teratu rpohon mangga yang anda miliki pasti dapat berbuah.

cara mencegah mangga pecah sebelum matang

Mangga Pecah

Tetapi sayangnya walaupun termasuk ke dalam tanaman buah yang mudah untuk dibudidayakan. Merawat tanaman mangga ternyata juga membutuhkan perhatian dan ketelitian yang tidak sembarangan. Karena jika anda memberikan perlakukan yang slaah bisa-bisa tanaman mangga yang ingin anda budidayakan malah mengalami masalah.

Salah satu contoh masalah atau problem yang sering dihadapi oleh petani mangga adalah menemukan buah mangga yang pecah padahal belum matang atau belum masuk masa panen. Ada beberapa alsan sebenarnya kenapa buah mangga bisa pecah padahal belum waktunya panen. Berikut akan kami jabarkan.

Penyebab Mangga Pecah Sebelum Matang

Sebagai pembudidaya buah mangga anda perlu mengetahui alasan kenapa buah mangga pecah sebelum matang. Ada dua kemungkinan, atau bisa dibilang ada dua faktor yang menjadi penyebab mangga pecah sebelum matang.

1. Cuaca Terlalu Panas

Pertama cuaca terlalu panas, yang biasanya mangga pecah terjadi saat musim kemarau. Saat pohon mangga mengalami kepanasan kemudian tidak diberikan penyiraman yang baik. Pohon mangga akan mengalami dehidrasi yang parah, saat dehidrasi inilah biasanya buah manggga menjadi pecah padahal belum waktunya matang.

Bukan hanya membuat buah mangga pecah sebelum matang, kekeringan yang mengakibatkan dehidrasi pohon mangga ini juga memberikan efek rontok pada daun pohon mangga. Seluruh daun akan rontok dan membuat pohon mangga menjadi kering. Pada kondisi yang ekstrem bahkan pohon mangga bisa menjadi mati karena kekeringan.

2. Kelebihan Nitrogen

Faktor lain kenapa buah mangga pecah sebelum matang adalah tingginya kandunga nitrogen yang terkandun di dalam tanah, bahkan hingga berlebih. Jika unsur nitrogen yang tinggi tidak diseimbangkan dengan fosfat dan kalium yang tinggi bisa-bisa buah mangga menjadi pecah sebelum matang.

Unsur nitrogen di dalam tanah berfungsi untuk memberikan nutrisi kepada buah sehingga buah dapat terus tumbuh optimal. Sedangkan fosfat dan kalium memiliki fungsi untuk menjaga keelastisan kulit. Sehingga saat buah tumbuh besar kulit buah juga akan elastis dan mengikuti perkembangan buah.

Jika kekurangan fosfa dan kalium, saat buah mangga terus tumbuh besar karena kandungan nitrogennya, kulit buah tidak akan menguikuti perkembangan buah dan tidak elastis, sehingga membuat buah mangga pecah padahal belum waktu panen dan belum saatnya berbuah.

Kelebbihan unsur nitrogen ini biasanya terjadi saat musim hujan dimana intensitas air bertambah dan tidak adanya pengontrolan. Pemupukan dengan nitrogen yang berlebih saat musim kemarau juga dapat menjadi penyebab yang sama.

Mengatasi Mangga Pecah Sebelum Matang

Cara mengatasi mangga pecah sebelum matang dapat anda temukan jika mengamati alasan atau penyebab pecahnya buah mangga. Beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu.

1. Memberikan Penyiraman yag Cukup

mencegah mangga pecah

Penyiraman mangga

Saat musim kemarau dan pohon mangga mejadi kering, yang perlu anda lakukan hanya memberikan pasokan air yang cukup pada pohon mangga tersebut. Anda tentu familier dengan penyiraman pagi sore, lakukan metode tersebut sampai pohon mangga sembuh dari kekeringan dan dapat tumbuh subur dan segar kembali.

Tetapi jangan memberikan air yang berlebihan, pemberian air yang berlebihan justru dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tanaman mangga anda. misalnya karena anda sering menyiram akan membut perakaran pohon menjadi tergenang. Jika lama tergenang perakaran pohon mangga yang anda miliki bisa mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu sirami secukupnya dan seperlunya setiap dua kali dalam satu hari.

2. Memberikan Pupuk MKP

Sementara itu jika buah mangga pecah sebelum matang diakibatkan karena kelebihan unsur nitrogen, ada dua cara yang bisa anda lakukan. Cara yang pertama adalah memberikan pupuk MKP yang tinggi fosfat dan kalium. Jika anda memberikan pupuk MKP, unsur kalium dan fosfat yang ada di dalamnya akan menutrisi tanah dan menyeimbangkan unsur nitrogennya sehingga seimbang.

Jika unsur fosfat dan kaliumnya sudah seimbang, mau sebesar apapun buahnya, kulit buahnya tetap akan mengikuti dan tidak akan membuat buah mangganya pecah padahal belum waktunya matang dan panen.

3. Membuat Drainase

Cara yang kedua untuk mengatasi buah mangga anda pecah sebelum waktunya matang dan panen adalah dnegan cara membuat drainase baru dan menggemburkan tanah. Dengan membuat drainase, perakaran bibit tidak akan sering tergenang oleh air. Kemudian jika anda sering menggemburkan tanah, air akan dapat mudah menguap ke udarea sehingga dapat menyeimbangkan nutrisi yang ada di dalam tanah.

Itulah bagaimana cara agar buah mangga tidak pecah sebelum wkatunya matang, semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda. Jika anda tertarik untuk menanam pohon mangga anda bisa menghubungi website ini. kami menyediakan berbagai jenis mangga unggul seperti mangga mahatir, mangga kiojay, dan mangga red ivory yang dapat anda coba budidayakan.

 

Sumber : Bibitbuahku.com

Bagikan

3 Cara Mudah Mencegah Buah Mangga Pecah Sebelum Matang | TANAMAN TROPIS

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja