Beranda » Artikel Blog » 5 Jenis Alpukat Import/Introduksi yang Bagus di Indonesia

5 Jenis Alpukat Import/Introduksi yang Bagus di Indonesia

Diposting pada 10 Desember 2021 oleh admin | Dilihat: 1.123 kali | Kategori:
5 Jenis Alpukat Import Unggul

5 Jenis Alpukat Import Unggul

5 Jenis Alpukat Import – Beberapa tahun belakangan ini buah alpukat sedang ramai diperbincangkan di Indonesia. Populernya buah alpukat ini menggantikan eksisnya buah durian yang sebelumnya telah populer terlebih dahulu. Buah alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Mexico, Amerika Tengah. Buah ini biasanya dijadikan buah meja, alias buah yang biasa dimakan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Walaupun di Indonesia buah alpukat lebih sering diolah menjadi berbagai jenis makanan dan juga minuman.

Walaupun berasal dari Mexico, Amerika Tengah, buah alpukat telah banyak tersebar ke berbagai negara. Buah alpukat dikembangkan dan menghasilkan banyak varietas baru yang unggul, baik secara rasa, bentuk, dan penampilan. Berbagai jenis alpukat yang sudah dikembangkan tersebut banyak yang masuk ke Indonesia sehingga kita lebih sering menyebutnya dengan alpukat Import.

Banyak jenis alpukat import yang telah terbukti dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia. Hal tersebut didukung dengan iklim tropis di Indonesia yang sangat baik, Dimana sinar matahari selalu bersinar sepanjang hari. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kami akan memberikan rekomendasi 5 jenis alpukat import yang unggul. Dimana 5 jenis alpukat import tersebut dapat tumbuh serta berbuah dengan baik di Indonesia.

1. Alpukat Hass

Jual Bibit Alpukat hass

Alpukat Hass

Alpukat hass merupakan jenis alpukat import unggul yang berasal dari Australia. Buah alpukat yang satu ini berhasil ditemukan oleh seorang petani di sana yang bernama Rudolph Hass. Keunggulan alpukat import yang satu ini terletak pada buahnya yang dinilai memiliki rasa buah paling enak di dunia.

Bentuk buah alpukat hass bulat kecil dengan bagian pangkal yang sedikit melonjong. Kulit buah alpukat hass berwaran hiaju saat masih muda dan tekstur kulitnya kasar. Saat sudah matang, warna alpukat hass akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Tapi perubahan warna alpukat hass ini terjadi saat proses buahnya diperam, karena saat panen biasanya alpukat hass masih hijau dan tidak bisa matang pohon.

Daging buah alpukat hass memiliki warna kuning cerah, kemudian pada bagian luar daging buah nya ada garis warna hijau yang menmpel pada kulit alpukat yang satu ini. sedangkan rasa alpukat hass yang dinilai sebagai alpukat terlezat didunia memiliki rasa buah yang cenderung asin. Kandungan minyak di dalam buah alpukat hass juga cukup banyak sehingga kering dan tidak basah.

Tekstur daging buahnya lembut, pulen, dan tak berserat. Buah alpukat hass cocok untuk dimakan langsung atau dijadikan pelengkap pada makanan seperti sushi. Buah alpukat hass masuk ke dalam kategori buah premium dan berkualitas internasional. Sampai saat ini harga alpukat hass per kilo masih cukup mahal, karena mampu mencapai Rp. 120.000. Hal tersebut karena buah alpukat hass memiliki masa penyimpanan yang cukup lama & tidak mudah busuk.

Keunggulan alpukat hass yang lain adalah pohonnya memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah. Tingkat produktifitas pohon alpukat hass juga lumayan tinggi, sifat tersebut membuktikan jika pohon alpukat hass sangat cocok untuk ditanam di Indonesia.

2. Alpukat Reed

Jual bibit alpukat reed

Alpukat Reed

Jenis alpukat kedua pada pembahasan 5 jenis alpukat import yang bagus di Indonesia ini adalah alpukat reed. Banyak yang bialng jika alpukat reed adalah tanaman buah alpukat yang berasal dari Vietnam. Ya, sebenarnya statement tersebut tidak salah juga, tapi sebenarnya alpukat reed merupakan jenis alpukat import yang berasal dari California.

Varietas alpukat reed sebenarnya sudah masuk ke Indonesia sejak lama, hanya saja pada saat itu belum ada yang tertarik untuk mengebunkannya. Hingga pada tahun kemarin nama alpukat reed kembali ramai dibicarakan. Setelah diketahui ternyata ada perkebunan alpukat reed di Indonesia yang berhasil berbuah.

Alpukat reed rata-rata menghasilkan buah dengan berat sekitar 340 – 700 gram, dengan total buah dalam satu kilo sekitar 2-3 buah. Ukuran buah yang sedang tersebut merupakan standar internasional untuk ekspor buah. Daging buahnya memiliki warna kuning krem, tebal, dengan tingkat ketebalan mampu mencapai 75-80%.

Tekstur daging buah alpukat reed sangat lembut, pulen, rendah lemak, serta tidak berserat. Cita rasa alpukat reed sangat lezat, gurih, dan juga pulen dibarengi dengan aroma mentega yang cukup kuat. Pohon alpukat reed memiliki tingkat adaptasi yang luar biasa bagus, sehingga dapat tumbuh serta berbuah dengan baik di Indonesia.

Bahkan pohon alpukat reed memiliki sifat genjah dan mudah berbuah. Tingkat produktifitas buahnya juga snagat baik. Saat pohonnya mencapai usia produktif, alpukat import yang satu ini dapat menghasilkan buah hingga 120 – 160 kg per pohon.

3. Alpukat Avozilla

jual bibit alpukat avozilla

Alpukat Avozilla

Dari ke 5 jenis alpukat import yang akan kita bahas, alpukat avozilla merupakan yang berukuran paling besar. Buah alpukat avozilla viral di media sosial pada sekitaran tahun 2018, setelah diposting oleh Mercer Money. Buah alpukat avozilla merupakan alpukat unggul yang banyak dibudidayakan di Australia. Padahal sebenarnya alpukat avozilla merupakan jenis alpukat import unggul yang berasal dari Afrika Selatan.

Alpukat avozilla ramai dibicarakan karena ukuran buahnya yang sangat besar, seukuran kepala orang dewasa. Besarnya alpukat ini bahkan sebanding dengan 4 buah alpukat biasa yang dijadikan satu. Setelah ditimbang diketahui jika berat alpukat avozilla berkisar antara 1,2 kg hingga 1,9 kg. tentunya sangat jauh berbeda dengan ukuran buah alpukat yang biasa.

Walaupun memiliki ukuran buah yang besar, tapi rasa alpukat avozilla tidak memiliki kekurangan. Bahkan daging buahnya sedikit lebih lembut jika dibandingkan dengan buah alpukat kebanyakan. Buah alpukat yang satu ini cocok untuk dibudidayakan, apalagi bagi anda yang menyukai buah alpukat dengan ukuran yang jumbo.

4. Alpukat Cuba

jual bibit alpukat cuba

Alpukat Cuba

Satu lagi jenis alpukat yang banyak ditanam di Vietnam tapi buka berasal dari vietnam, jenis alpukat import tersebut adalah alpukat cuba. Tidak lengkap rasanya saat kita membahas 5 jenis alpukat import tanpa membahas buah alpukat yang satu ini. Alpukat cuba merupakan alpukat unggul yang dibawa dari Prancis ke Vietnam dalam rangka untuk promosi. Kemudian buah alpukat ini diuji oleh Pak Hien.

Pada tahun 2018 alpukat cuba mendapatkan juara satu dalam kontes buah alpukat nasional yang di adakan di Vietnam. Hal tersebut dapat diraih karena alpukat cuba memiliki rasa buah yang sangat lezat. Bahkan kandungan air dari alpukat ini sangat kecil, padahal tidak di tanam pada wilayah daerah dataran rendah.

Ukuran buah alpukat cuba cukup besar, dengan kisaran 500-1000 gram satu buahnya. Kulit buahnya cukup tebal sehingga dapat bertahan dari serangan lalat buah. Walaupun memiliki kulit yang tebal namun kulit allpukat ini dapat dikupas dengan mudah. keunggulan alpukat cuba selanjutnya adalah memiliki ciji yang kecil dengan presentase daging buah mencapai 80%.

Jika anda menyukai pohon alpukat yang dapat berbuah sepanjang tahun. Maka alpukat cuba bisamenjadi pilihan yang tepat. Karena pohon alpukat cuba diketahui dapat menghasilkan buah hingga 3 kali dlaam satu tahun asalkan diberikan perawatan yang tepat.

5. Alpukat Maluma

jual bibit alpukat maluma unggul

Alpukat Maluma

Kita sampai pada jenis alpukat terakhir, dari 5 jenis alpukat import yang bagus ditanam di Indonesia, dia adalah alpukat maluma. Mungkin sudah banyak orang yang tahu dengan alpukat maluma. Alpukat ini berasal dari Afrika Selatan, dan saat ini sduah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Alpukat maluma ini juga lazim disebut sebagai alpukat maluma hass, karena mengacu pada buahnya yang mirip dengan alpukat hass.

Buah alpukat maluma masuk ke dalam kategori alpukat premium karena memiliki daging buah yang tebal dengan biji buah kecil. Cita rasa alpukat maluma hampir mirip seperti alpukat hass yakni gurih, dengan kandungan minyak cukup tinggi, dan juga lembut saat dimakan.

Pohonnya sangat produktif, jika anda menanam pohon alpukat maluma ini seluas 1 hektar, anda bisa menghasilkan buah hingga 20 ton. Padahal untuk alpukat hass saja hanya mampu menghasilkan buah sebanyak 12 – 15 ton dalam satu hektar. Alpukat maluma juga sangat adaptif pada daerah dengan suhu yang panas. Jadi anda bisa menanam alpukat maluma ini pada wilayah dataran rendah.

Itulah pembahasan kami mengenai 5 jenis alpukat import/Introduksi yang bagus di Indonesia. tentunya masing-masing buah alpukat di atas memiliki karakteristik yang berbeda pula. Jadi sesuaikan tanaman alpukat anda dengan lahan atau daerah tempat anda akan menanamnya. Jika anda menyukai ke 5 jenis alpukat import di atas, segera dapatkan bibitnya di tanamantropis.com. Atau hubungi cs kami untuk mendapatkan harga serta penawaran yang spesial.

Bagikan

5 Jenis Alpukat Import/Introduksi yang Bagus di Indonesia | TANAMAN TROPIS

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja