Beranda » Tanaman buah » SRIKAYA » Bibit Srikaya Merah – Buah Srikaya Dengan Warna Merah Eksotis

Bibit Srikaya Merah – Buah Srikaya Dengan Warna Merah Eksotis

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori SRIKAYA, Tanaman buah
Dilihat 182 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Srikaya Merah – Buah Srikaya Dengan Warna Merah Eksotis
jual bibit srikaya merah unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Srikaya Merah – Buah Srikaya Dengan Warna Merah Eksotis

Jual Bibit Srikaya Merah – Pastinya bagi orang Indonesia, buah srikaya bukanlah merupakan jenis buah yang asing. Tanaman buah yang satu ini sudah banyak dibudidayakan baik oleh kolektor tanaman maupun oleh pekebun.

Namun tentu saja kita lebih familiar dengan buah srikaya yang memiliki warna hijau. Nah, pada kesempatan kali ini kami dari tim tanamantropis.com akan membahas mengenai salah satu jenis srikaya yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Yakni kami akan membahas mengenai jenis srikaya yang langka di Indonesia, kita akan membahas mengenai srikaya merah. Ingin tahu bagimana srikaya merah ini? Serta seperti apakah bentuk buahnya dan apa saja keunggulannya, mari kita mulai pembahasan ini

Berkenalan Dengan Srikaya Merah

harga srikaya merah per kilo

srikaya Merah

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika buah srikaya memiliki jenis berwarna merah. Kebanyakan dari kita mungkin hanya tahu srikaya hijau dan srikaya jumbo yang juga berwarna hijau. Namun jenis srikaya yang satu terdengar sedikit asing bagi orang-orang biasa selain pekebun.

Alasan kenapa srikaya merah masih snagat jarang orang yang mengetahui adalah karena kelangkaan bibitnya. Ketersediaan bibit srikaya merah mungkin tidak sebanyak jenis tanaman lainnya. Akibatnya srikaya merah ini tidak begitu dikenal karena yang membudidayakan juga sedikit.

Tanaman srikaya merah ini merupakan jenis tanamna buah unggul yang berasal dari Australi. Nama latin dari srikaya merah adalah Annona Squamosa dengan ciri khusus yang bisa dilihat dari penampakan kulit buahnya yang berwarna merah keunguan. Rasa buah srikaya merah sangat manis serta memiliki aroma buah yang harum, sehingga cocok untuk dimakan langsung.

Perbedaan srikaya merah dan srikaya hijau juga tidak terlalu banyak, mulai dari bentuk hingga isinya persis sama. Yang membedakan hanyalah warna kulit dari masing-masing jenis saja, buah srikaya merah pada kulit buahnya mengeluarkan semburat merah yang cantik.

Jadi tidak salah juga jika anda ingin menjadikan tanaman buah srikaya merah ini sebagai tanaman hias. Anda bisa menjadikannya tabulampot srikaya merah dan menaruhnya di halaman rumah. Kontrass dari warna merah buah dan hijau daun sangat cocok dan cantik saat dipandang.

Ciri Pohon Srikaya Merah

Pohon srikaya merah sama seperti jenis pohon srikaya biasa dengan ketinggian pohon mampu mencapai kisaran 8 meter, batang pohonnya berwarna coklat muda. Jika anda ingin membuat tabulampot srikaya merah, maka anda harus rutin melakukan pruning atau pemangkasan agar ketinggian pohon bisa diatur sesuai keinginan anda.

Daun srikaya merah memiliki karakteristik dengan tumbuh berselang dan bentuk daunnya lembing membujur. Ukuran daun srikaya merah ini berkisar antara 6-12 cm, dengan lebar antara 3-5cm. Buahnya memiliki bentuk yang mirip seperti bola dan mengerucut pada bagian ujungnya mirip seperti jantung.

Diameter buahnya sekitar 6-10 cm dengan kulit yang bersusun rapih seperti tonjolan dengan warna kulit merah keunguan. Daging buahnya memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dnegan srikaya hijau. Bedanya daging buah srikaya merah terdapat semburat merah disamping buah yang dekat dnegan kulit.

srikaya merah manfaat

Bentuk Pohon & Bibit

Keunggulan Srikaya Merah

Selain memeiliki warna yang merah keunguan, buah srikaya merah juga memiliki beberapa keunggulan lain. Dengan melihat keunggulan srikaya merah ini barangkali anda akan tertarik untuk membudidayakannya. Berikut merupakan keunggulan dari tanaman buah yang satu ini.

Memiliki Warna Yang Cantik

Dengan warna merah keunguan yang eksotis maka pohon srikaya merah ini cocok untuk ditanam di halaman rumah anda. Karena memiliki warna buah yang kontras dengan daunnya maka kehadiran pohon srikaya merah ini akan lebih mempercantik penampakan rumah anda.

Rasa Buah Manis

Buah srikaya merah diklaim memiliki rasa buah yang manis, bahkan tingkat kemanisannya dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan srikaya hijau.

Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman srikaya merah dapat ditanam dimana saja karena memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Sehingga tidak masalah untuk menanamnya pada wilayah dataran rendah ataupun wilayah dataran tinggi.

Pohonnya Bersifat Genjah

Setelah menanam bibit srikaya merah anda hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 tahun sampai pohonnya berbuah. Memang pohon srikaya merah ini cepat berbuah, apalagi jika menggunakan bibit yang diperbanyak secara vegetative, karena pohonnya yang memiliki sifat genjah.

Masih Langka

Belum terlalu banyak orang yang membudidayakan srikaya merah, sehingga bagi anda yang ingin membudidayakan buah srikaya yang stau ini, masih ada peluang yang sangat besar dan bisa dicoba. Harga srikaya merah per kilo di pasaran pun lumayan karena memang buah yang langka biasnaya memiliki harga yang lebih mahal.

Kandungan & Manfaat

Jika sudah mengetahui apa saja keunggulan dari buah srikaya merah ini, selanjutnya adalah mencari tahu apa saja kandungan serta manfaat srikaya merah. Semua jenis buah memang diketahui memiliki kandungan nutriis serta vitamin yang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi. Berikut adalah kandungan nutrisi serta manfaat yang terkandung dalam buah srikaya merah.

  • Memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk menjaga Kesehatan dan kelancaran saluran pencernaan.
  • Terdapat kandungan tannin di dalam buahnya sehingga mampu menyembuhkan diare dengan baik.
  • Buah srikaya merah bisa dijadikan obat oles untuk luka luar dengan cara menghaluskannya dan menempelkannya di tempat yang terluka.
  • Zat antioksidan dalam buah ini cukup tinggi sehingga mampu mengurangi resiko kanker, serta menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain buahnya bagian pohon srikiaya merah juga bisa dijadikan berbagai macam obat. Daunnya dapat digunakan sebagai obat batuk, reumatik, dan demam, bijinya dapat mengatasi masalah saluran pencernaan yang lemah serta banyak lagi lainnya.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah cukup rebus daun atu biji srikaya merah ini sampai mendidih, dinginkan, dan minum. Tapi perlu diketahui ada beberapa pantangan terutama untuk ibu hamil agar jangan meminum rebusan srikaya merah karena berbahaya bagi janin.

Menanam Bibit Srikaya Merah

jual bibit srikaya merah unggul

Buah Srikaya Merah

Jika anda ingin menanam srikaya merah hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit unggul. Bagaimana cara memilih bibit unggul? Biasanay bibit yang diperbanyak secara vegetative baik secara okulasi, cangkok, maupun sambung pucuk.

Pilih bibit yang memiliki daun segar dan batangnya sudah cukup kuat untuk menopang pertumbuhan bibit. Pastikan agar tidak ada hama yang menyerang bibit jika anda ingin membelinya. Bibit yang siap untuk ditanam memiliki ketinggian setidaknya 60 cm ke atas, sebelum mencapai ketinggian tersebut bibit bisa ditaruh di dalam polybag terlebih dahulu.

Pengelolaan Lahan Tanam

Persiapkan terlebih dahulu lahan tanam yang akan anda gunakan untuk menanam bibit srikaya merah ini. Bersihkan dari sampah, rumput liar dan juga gulma kemudian gemburkan tanah, buat lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan bibit yang anda miliki.

Setelah itu berikan kapur dolomit untuk menyeimbangkan pH tanah, tingkat keasaman tanah yang pas untuk menaman bibit srikaya merah memiliki pH sekitar 5,5 -6,5. Kemudian berikan pupuk kandang yang sudah terfermentasi pada abgian dasar lubang tanam dan biarkan selama 7 hari.

Cara Penanaman Bibit

Setelah lubang tanam siap maka penanaman bibit bisa dilakukan, cara penanaman bibit srikaya merah ini sama seperti penanaman bibit tanaman pada umunya. Setelah lubang tanam ditutup selama satu minggu, buka Kembali lubang taanm tersebut dan siapkan bibit yang akan ditanam.

Masukan bibit ke dalam lubang tanam, namun pastikan agar polybag yang membungkus perakaran bibit sudah terlepas. Taruh ditengah lubang tanam dan kemudian timbun bibit dengan menggunakan tanah galian yang sama. Padatkan lubang tanam setelah itu bibit bisa disirami menggunakan air secukupnya, setelah itu lakukan perawatan rutin untuk bibit srikaya merah tersebut.

Cara Perawatan Bibit

Setelah selesai ditanam jangan lupa berikan perawataan pada bibit srikaya merah tersebut. Pertama berikan ajir agar bibit tidak mudah roboh saat terkena angin kencang. Berikan penyiraman secara rutin, idealnya bibit disiram setiap satu kali sehari saat musim panas. Namun jika musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman pada bibit.

Setelah itu berikan pupuk setelah bibit berusia 1-2 bulan ke atas, gunakan pupuk NPK setiap satu bulan sekali secara rutin dengan dosis sebanyak satu sendok teh. Berikan juga pupuk kandang yang sudah terfermentasi dengan dosis sebanyak 10kg untuk satu pohon dan diberikan setiap 6 bulan sekali. Pupuk dapat merangsang pertumbuhan pohon dan membuatnya bebruah dengan baik.

Demikianlah ulasan kami mengenai srikaya merah, salah satu jenis tanaman buah yang cukup langka di Indonesia, namun memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa dibudidayakan. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan bibit srikaya merah ini silakan hubungi kami di website tanamantropis.com. Bisa juga langsung menghubungi CS kami untuk mendapatkan harga serta penawaran special.

Tags: , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 6 April 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja