Beranda » Artikel Blog » 4 Jenis Jambu Biji Tanpa Biji Unggul Yang Cocok Anda Budidayakan

4 Jenis Jambu Biji Tanpa Biji Unggul Yang Cocok Anda Budidayakan

Diposting pada 4 Agustus 2021 oleh admin | Dilihat: 34 kali | Kategori:

Jambu biji merupakan tanaman buah yang berasal dari Brazil. Banyak orang yang menyukai buah yang satu ini, tapi tidak sedikit juga yang tidak suka. Banyak yang tidak menyukai buah jambu biji karena bijinya yang terlalu banyak sehingga saat dimakan terasa tidak nyaman. Tapi tahukah anda jika saat ini jenis jambu biji yang hanya memiliki biji sedikit, bahkan nyaris tidak ada. Bagi anda yang belum tahu anda harus menyimak tulisan ini, karena kami akan memperkenalkan 4 jenis jambu biji tanpa biji yang mungkin akan anda sukai.

Jambu biji tanpa biji

Jenis Jambu Biji Tanpa Biji

4 Jenis Jambu Biji yang Tidak Memiliki Biji

Mungkin beberapa dari anda tidak percaya dan mengatakan kalau apa yang akan saya bahas ini tidak benar. Tapi jika anda adalah pencinta buah, tentu anda bisa mengetahui apa yang akan saya sampaikan ini benar adanya. Berikut adalah jenis jambu biji yang tidak memili biji.

1. Jambu Biji Kristal

Wah kalau buah jambu ini pasti sudah banyak yang tahu, buah jambu biji kristal memang terkenala karena memuiliki rasa buah yang manis, dengan yukuran buah yang besar, renyah, dan juicy karena mengandung air. Kunggulan jambu kristal yang tidak bisa dielakkan adalah keberadaan biji di dalam buahnya yang sangat sedikit. Hanya sekitar 3% dari keseluruhan buah.

Jambu biji kristal juga memiliki pohon yang bersifat genjah alias dapat berbuah dengan cepat, hanya dalam kurun waktu 1 – 2 tahun dengan perawatan yang tepat pohonnya sudah bisa menghasilkan buah. Dalam satu tahun pohon jambu biji kristal bisa menghasilkan buah sebanyak 50 – 70 kg dalam waktu satu tahun.

2. Jambu Biji Siumik Pala

Jambu biji siumik pala ini memiliki karakteristik buah yang sama seperti jambu biji kristal, hanya saja karena kedatanganya lebih lambat dari jambu kristal sehingga tidak banyak orang yang memperhatikan mereka dan membuat jambu biji kristal lebih dikenal seperti sekarang.

Jambu siumik pala juga memiliki keunggulan dalam hal ukuran buah dan rasa, yang sama seperti jambu biji kristal. Bahkan bibit jambu siumik pala pun memiliki bentuk yang hampir sama. Pembeda antara jambu kristal dan jambu siumik pala hanya pada bentuk buahnya, dimana jambu siumik pala memiliki bentuk yang tidak bulat sempurna berbeda dengan jambu biji kristal.

Perbedaan kecil lainnya yang bisa membedakan kedua jambu biji yang tidak memiliki biji ini adalah ukuran pohonnya. Ukuran pohon jambu biji siumik pala lebih pendek daripada jambu biji kristal, sehingga petani lebih mudah dalam melakukan perawatan dan melakukan pemanenan karena tidak perlu menjat tinggi.

3. Jambu Biji Red Diamond

jual bibit jambu kristal

Jenis Jambu Biji yang Tidak Memiliki Biji

Jambu biji Red Diamond atau kristal merah adalah jenis jambu biji yang tidak memiliki biji selanjutnya. Penampakan buah jambu biji red diamond ini pada bagian luar memiliki warna hijau kekuningan, tapi di bagian dalamnya terdapat warna merah yang menarik. Bukan hanya itu, selain warnanya yang cantik buah jambu biji red diamond juga memiliki ukuran buah yang cukup besar. Satu buahnya mampu memiliki bobot hingga 400 – 500 gram dan termasuk sebagai buah jambu biji jumbo.

Ukuran buahnya yang besar ditambah dengan biji buah di dalam jambu ini yang hampir tidak ada. Buah jambu biji red diamond hanya memiliki biji sekitar 3% dari keseluruhan buahnya, sedangkan bagian yang lainnya adalah daging buah.

Sama seperti jambu biji kristal, jambu biji red diamond pun memiliki pohon yang dapat cepat berbuah alias bersifat genjah. Tentu saja hal tersebut dapat terjadi karena perawatan bibit jambu red diamond yang dilakukan secara teratur.

4. Jambu Biji Sukun Merah

Jenis jambu biji yang tidak memiliki biji terakhir adalah jambu biji sukun merah. Berbeda dengan ketiga jenis jambu biji di atas, ukuran buah jambu biji sukun merah sedikit lebih kecil. Bobot buahnya hanya sekitar 200 – 400 gram, sama seperti jenis jambu biji pada umumnya.

Walaupun begitu rasa buah jambu biji sukun merah ini tidak mau kalah. Rasa buahnya manis, renyah, dan tentu saja menyegarkan. Warna buah jambu biji ini juga menarik karena memiliki daging buah yang berwarna merah cantik.

Sama seperti ketiga jenis jamu lain bibit jambu biji sukun merah juga genjah atau dapat dengan cepat berbuah. Hnaya dalam waktu 1 – 2 tahun pohon jambu sukun merah sudah dapat berbuah.

Demikianlah ulasan kami mengenai 4 jenis bibit jambu biji yang tidak memiliki biji. Anda bisa mendapatkan 4 bibit jambu biji ini dengan menghubungi tanamantropis.com. Kami akan mmeberikan harga bibit yang terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain.

Sumbe : bibitbuahku.com

Bagikan

4 Jenis Jambu Biji Tanpa Biji Unggul Yang Cocok Anda Budidayakan | TANAMAN TROPIS

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja