Beranda » Artikel Blog » 5 Jenis Mamey Sapote Unggul Yang Memiliki Rasa Mantap

5 Jenis Mamey Sapote Unggul Yang Memiliki Rasa Mantap

Diposting pada 11 Desember 2021 oleh admin | Dilihat: 27 kali | Kategori:
5 jenis mamey sapote unggul

5 Jenis Mamey Sapote Unggul

Jenis Mamey Sapote – Sebagai orang yang tinggal di wilayah tropis, saya yakin anda para pembaca pasti sudah tahu dan mengenal tanaman buah sawo. Tapi Tahukah anda spesies tanaman sawo yang memiliki ukuran raksasa? Banyak orang yang belum menngetahui tanaman buah satu ini, tanaman ini biasa disebut sebagai tanaman sawo raksasa alias mamey sapote.

Pouteria Sapota atau yang biasa disebut dengan mamey sapote adalah tanaman dari kuearga sawo yang berukuran luar biasa besar. Berasal dari Amerika Tengah, pertumbuhan pohon mamey sapote menyebar dari mulai Mexico hingga ke Kuba, dan saat ini sudah banyak terdapat di Indonesia. Bersamaan dengan penyebarannya diketahui terdapat beberapa jenis mamey sapote yang memiliki rasa buah sangat lezat.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas jenis mamey sapote yang sudah ada dan terbukti dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

1. Mamey Sapote Magana

Jual bibit mamey sapote magana

Mamey Sapote Magana

Jenis mamey sapote yang pertama yang akan kita bahas adalah mamey sapote magana. Mamey sapote magana memiliki ukuran yang tentunya lebih besar dari sawo biasa. Satu buah mamey sapote magana mampu mencapai bobot hingga 2,5 kg. Ukuran tersebut lebih besar 5 kali lipat jika dibandingkan dengan ukuran sawo biasa atau 2 kali kepalan tangan manusia.

Bentuk buah mamey sapote magana lebih panjang dan lonjong, dengan kulit buah yang tipis dan memiliki permukaan yang kasar. Warna kulitnya cokelat sama seperti jenis sawo biasa. Daging buah mamey sapote magana berwarna merah oranye dengan satu biji, jadi anda bisa memakan daging buahnya tanpa ada gangguan biji.

Untuk soal rasa, jenis mamey sapote yang satu ini menghadirkan rasa manis dengan tekstur daging buah yang lembut. Rasa mamey sapote magana memang lezat sama seperti jenis sawo pada umumnya.
Banyak yang mengatakan jika anda ingin belajar budidaya mamey sapote, jenis pertama yang harus anda tanam adalah magana. Karena pohon mamey sapote magana sangat mudah untuk dirawat dan dapat berbuah dengan baik walaupun tanpa perlakuan khusus. Istimewanya lagi adalah sekali berbuah jenis mamey sapote magana akan menghasilkan buah hingga puluhan banyaknya.

2. Mamey Sapote Lorito

Jual Bibit Mamey Sapote Lorito

Mamey Sapote Lorito

Kedua kita akan membahas jenis mamey sapote lorito, yang memiliki ukuran tidak kalah besar dari magana. Ukuran buah mamey sapote lorito memiliki kisaran berat 1,5 – 2 kg, jika dibandingkan dengan sawo biasa mungkin besarnya sekitar 4 buah sawo biasa. Jika dimakan oleh dua orang pasti bisa membuat kenyang.

Warna kulit nya sama seperti sawo kebanyakan dengan permukaan kulit yang kasar. Daging buahnya berwarna merah mungkin sedikit mirip dengan darah. Walaupun terlihat berair tapi daging buah mamey sapote lorito tidak bergetah sama sekali saat sudah matang.

Untuk soal rasa tidak perlu ditanya, rasa mamey sapote lorito sangat manis, bahkan yang paling manis dari jenis sawo lainnya. Tingkat kemanisannya mampu mencapai 28 briks disertai dengan vitamin C dan juga kalori yang baik untuk kesehatan tubuh.

Harga mamey sapote lorito saat ini masih cukup mahal, walaupun sudah banyak yang mencoba membudidayakannya. Jadi jika anda ingin mencoba membuka peluang usaha lewat tanaman mamey sapote lorito ini, sangat patut untuk dicoba.

3. Mamey Sapote Keywest

Jual Bibit Mamey Sapote Keywest

Mamey Sapote Keywest

Selanjutnya adalah mamey sapote keywest, yang berasal dari Amerika Tengah. Mungkin jenis mamey sapote keywest masih sangat jarang didengar dibandingkan dengan mamey sapote yang lain. Karena belum banyak orang yang membudidayakan mamey sapote keywest di Indonesia.

Sama seperti jenis mamey sapote lainnya, ukuran mamey sapote keywest juga sangat besar, dengan bobot satu buahnya mampu mencapai 1 kg. Memiliki kulit buah berwarna cokelat dengan permukaan yang agak kasar. Daging buahnya memiliki warna merah muda dan memiliki bau yang sangat harum. Jika anda melihat buah mamey sapote yang satu ini, anda pasti akan tertarik untuk memakannya.

Pohon mamey sapote keywest mampu tumbuh hingga ketinggian 15 meter, tapi jika anda rajin melakukan pemangkasan anda bisa mengatur arah pertumbuhan dari pohon mamey sapote ini. Pohonnya snagat cocok untuk ditanam di depan rumah karena memberika efek rindang, serta mampu menghalangi terik sinar matahari.

4. Mamey Sapote Havana

jual bibit Mamey Sapote Havana

Mamey Sapote Havana

Sawo raksasa yang keempat yaitu jenis mamey sapote havana yang berasal dari Havana, Cuba. Bentuk mamey sapote yang satu ini lonjong dan agak memanjang dengan ukuran buah berkisar antara 1,2-1,5 kg per buah. Ukuran buahnya yang besar memang sama seperti jenis mamey sapote yang lain.

Walaupun sama-sama tergolong sebagai jenis mamey sapote, namun warna daging buah dari masing-masih jenis sangat berbeda. Pada kasus mamey sapotye havana, daging buahnyanya memiliki warna merah solid, dengan daging buah yang sedikit berserat. Kulit buahnya memiliki warna cokelat dan kulit yang agak kasar. Walaupun memiliki daging buah yang berserat, rasa mamey sapote havana masih sangat lembut dan memiliki rasa yang manis.

Pohon mamey sapote havana baru bisa menghasilkan buah setelah 4 tahun ditanam, bahkan setelah itu buah mamey sapote harus menunggu sampai 9 bulan hingga buahnya siap dipanen. Pada saat dipanen biasanya kematangan buah baru mencapai 80%. Maka dari itu anda harus memeramnya terlebih dahulu kira-kira 4 hari baru buah mamey sapote havana bisa dinikmati. Membudidayakan mamey sapote havana memang memerlukan ketelitian dan konsistensi yang panjang, karena proses berbuahnya yang tidak sebentar.

5. Mamey Sapote Cepeda

Jual Bibit Mamey Sapote Cepeda

Mamey Sapote Cepeda

Yang terakhir dari jenis mamey sapote yang cocok dibudidayakan di Indonesia adalah mamey sapote Cepeda. Berasal dari daerah Yukatan, Meksiko bagian tenggara, mamey sapote cepeda sampai ke Indonesia. Ukuran buah mamey sapote cepeda ini sama raksasanya seperti jenis mamey sapote yang lain, satu buahnya bisa mencapai bobot sekitar 1-3 kg.

Keunikan dari jenis mamey sapote cepeda adalah tekstur buahnya yang sedikit kasar saat dimakan. Selain itu daging buahnya juga berwarna orange dengan rasa buah yang manis, lembut, dan juga berair. Jika disamakan mungkin sensasinya sama seperti memakan labu.

Pohon mamey sapote cepeda espeda ini sangat cocok bagi anda yang ingin membudidayakannya. Karena sekali berbuah, dalam satu pohon mampu menghasilkan buah sebanyak 100-150. Itulah istimewanya jenis mamey sapote Cepeda, apalagi harga buah mamey ini dipasaran masih snagat tinggi karena belum banyak orang yang membudidayakannya.

Setelah mengetahui beberapa jenis mamey sapote yang dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia. Mari kita cari tahu keunggulan mamey sapote ini, agar anda juga bisa tertarik untuk ikut membudidayakannya.

Keunggulan Mamey Sapote

Berikut adalah beberapa keunggulan mamey sapote yang mungkin bisa membuat anda jatuh hati dan ingin segera menanamnya.

  • Memiliki ukuran yang raksasa, Satu buah mamey sapote mampu menghasilkan buah hingga berbobot 1-2 kg. Jika dibandingkan dengan buah sawo biasa maka perbandingannya adalah sekitar empat buah sawo biasa dan satu buah mamey sapote. Ukuran buah yang besar ini bisa dinikmati 2 orang dan akan merasa kenyang.
  • Daging buahnya tebal, dengan berat buah yang mampu mencapai 1-2 kg, daging buah mamey sapote sangatlah tebal. Terbukti dengan bijinya yang hanya satu dan kecil, daging buah mamey sapote mampu mencapi 80% dari total buahnya.
  • Rasa Buah Lezat, sama seperti jenis sawo yang lain mamey sapote juga memiliki rasa buah yang manis dan lezat. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan juga sedikit berair saat dimakan. Sangat cocok untuk dimakan langsung atau bisa juga diolah menjadi berbagai macam olahan makanan.
  • Menghasilkan buah yang banyak, satu pohon mamey sapote saat berbuah tidak hanya berbuah satu atau dua buah saja. Tapi bisa mencapai puluhan dalam satu pohon dan tentunya sangat menguntungkan bagi petani.
  • Harga Buah Mahal, Bagi anda yang ingin mebuka peluang usaha dalam budidaya mamey sapote, anda berada pada jalan yang benar. Mengapa demikian? Karena harga buah mamey sapote saat ini masih sangat mahal. Harga buah mamey sapote per kg di petani masih di atas Rp. 100.000. Jika dikalikan dengan berapa banyak buah yang tumbuh maka tentu anda akan mendpaatkan keuntungan yang berlimpah.
  • Peluang Bisnis terbuka Lebar, Saat ini masih belum banyak orang yang melakukan budidaya mamey sapote. Jadi peluang anda untuk mendapatkan keuntungan dari membudidayakan buah mamey sapote ini masih sangat lebar. Apalagi banyak orang yang tertarik dan penasaran sehingga banyak yang mencari buah mamey sapote.

Demikianlah ulasan kami mengenai 5 Jenis mamey sapote yang dapat tumbuh serta berbuah dengan baik saat ditanam di Indonesia. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman mamey sapote ini anda bisa menghubungi kami di website tanamantropis.com. Bisa juga dengan menghubungi CS kami untuk mendapatkan harga dan penawaran spesial.

Bagikan

5 Jenis Mamey Sapote Unggul Yang Memiliki Rasa Mantap | TANAMAN TROPIS

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja