Beranda » Tanaman buah » KELENGKENG » Bibit Kelengkeng Aroma Durian – Kelengkeng Berdaging Buah Tebal Dan Berwarna Putih

Bibit Kelengkeng Aroma Durian – Kelengkeng Berdaging Buah Tebal Dan Berwarna Putih

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori KELENGKENG, Tanaman buah
Dilihat 200 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Kelengkeng Aroma Durian – Kelengkeng Berdaging Buah Tebal Dan Berwarna Putih
jual bibit kelengkeng aroma durian*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Kelengkeng Aroma Durian – Kelengkeng Berdaging Buah Tebal Dan Berwarna Putih

Jual Bibit Kelengkeng Aroma Durian – Anda tentu pernah memakan buah kelengkeng kan? Tanaman buah yang satu ini bibitnya memang dapat tumbuh dengan baik saat ditanam di negara yang beriklim tropis. Terdapat berbagai jenis bibit kelengkeng yang dapat tumbuh, seperti bibit kelengkeng matalada, bibit kelengkeng new kristal, bibit kelengkeng pingpong, dan bibit kelengkeng puangpet.

jual bibit kelengkeng aroma durian

Kelengkeng Aroma Durian

Umumnya buah kelengkeng memiliki aroma khas tersendiri, tetapi ada satu jenis kelengkeng yang memiliki aroma buah seperti durian, dia adalah kelengkeng aroma durian.

Kelengkeng aroma durian juga disebut dengan nama kelengkeng durian atau kelengkeng rasa durian. Bibit kelengkeng ini berasal dari Thailand, karena iklim di Thailand dan Indonesia sama, maka dari itu kelengkeng ini dapat tumbuh dengan baik saat ditanam di Indonesia. Saat ini jenis kelengkeng aroma durian adalah sedang sangat populer di kalangan pencinta buah.

Jika anda ingin membudidayakan bibit kelengkeng aroma durian, sekarang adalah saat yang tepat. Karena kelengkeng ini bersifat genjah, maka tidak akan terlalu lama sampai buahnya tumbuh hanya butuh sekitar 2 sampai 3 tahun sampai pohonnya berbuah. Selain itu bibitnya sangat adaptif, sehingga tidak masalah ditanam pada daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Kelengkeng aroma durian memiliki ukuran buah yang lumayan besar, sedikit lebih besar dari kelengkeng matalada. Kulit buahnya memiliki warna coklat muda dengan garis yang membelah lengkung. Permukaannya agak kasar karena ada benjolan-benjolan kecil. Sedangkan daging buahnya memiliki warna putih bening, dengan rasa yang sangat manis, dan juicy karena mengandung banyak air. Tentu saja dengan aroma durian yang mengguagah selera.

Karakteristik Kelengkeng Aroma Durian

Karakteristik Kelengkeng aroma durian tidak jauh berbeda dengan jenis kelengkeng yang lain, perbedaan yang paling menonjol hanya pada daun.

o Kelengkeng aroma durian memiliki daun berwarna hijau, lurus, dan bertekstur kaku.

o Daun yang masih muda memiliki warna hijau semu agak kemerahan.

o Tajuk pohonnya kuat dan kokoh, dan tidak menjuntai.

o Memiliki daging buah yang tebal. dengan biji kecil, dan kulit berwarna putih.

o Kulitnya buahnya tidak terlalu tebal.

o Pohonnnya dikenal genjah, karena dapat dengan cepat berbuah, hanya butuh 2 hingga 3 tahun sampai bibitnya dapat berbuah.

o Satu pohon kelengkeng aroma duriam bisa menghasilkan hingga 4 kg buah saat pohonnya sudah berumur diatas 1,5 tahun.

Syarat Tumbuh Kelengkeng Aroma Durian

Merawat bibit kelengkeng aroma durian tidak terlalu susah. Tetapi ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi panduan anda dalam menentukan lokasi penanaman bibit kelengkeng aroma durian ini.

o Bibit kelengkeng aroma durian sangat adaptif, sehingga dapat ditanam pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

o Walaupun adaptif, kelengkeng aroma durian merupakan jenis kelengkeng dataran rendah. Sehingga akan lebih optimal pertumbuhannya apabila ditanam pada ketinggian antara 300 sampai 900 mdpl.

o Tanah yang baik untuk menanam bibitnya adalah jenis tanah halus yang memiliki pH 5,5 sampai 6,5.

o Akan lebih baik jika kelengkeng ini ditanam pada daerah dengan iklim basah, dengan musim kering hanya kisaran 4 bulan.

o Anda dapat menanamnya pada daerah dengan curah hujan sekitar 1500 sampai 3000 mm pertahun. Dengan 9 sampai 12 bulan basah atau 2 sampai 4 bulan kering.

o Bibit kelengkeng aroma durian tidaklah rewel, jadi tidak memerlukan perlakuan khusus untuk perawatannya.

o Pohonnya dikenal bersifat genjah dan mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Cara Menanam Bibit Kelengkeng Aroma Durian

harga bibit kelengkeng aroma durian

Bibit Kelengkeng Aroma Durian

Bibit kelengkeng aroma durian selain dapat ditanam di lahan juga dapat ditanam pada tabulampot. Anda dapat menanamnya dan meletakkannya dihalaman rumah agar membuat rumah anda lebih teduh. Beberapa langkah yan harus dilakukan dalam menanam bibit kelengkneg aroma durian yaitu :

Memilih Bibit Kelengkeng Aroma Durian

Untuk menanam kelengkeng aroma durian, akan lebih baik jika bibit yang digunakan berasal dari perbanyakan secara vegetatif. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai, bisa menggunakan cangkok maupun okulasi. Perbanyakan secara vegetatif dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan saat merawat bibitnya.

Keunggulan bibit yang diperbanyak secara vegetatif adalah dapat menurunkan sifat pohon indukan kepada bibit. Maka dari itu anda harus memilih indukan yang sehat, subur, serta mampu berbuah lebat, agar bibit yang dihasilkan juga memiliki sifat demikian. Selain itu perbanyakan vegetatif biasanya mampu menghasilkan buah lebih cepat daripada perbanyakan menggunakan biji.

Jika anda merasa terlalu sulit untuk melakukan okulasi dan pencangkokan sendiri. Anda bisa mencari tempat jual bibit kelengkeng aroma di toko pertanian sekitar anda. Anda juga bisa mengunjungi tanamantropis.com. Kami menyediakan berbagai macam bibit buah unggulan yang dapat anda budidayakan. Harga bibit kelengkeng aroma durian yang ada di toko kami juga terjangkau dan bersaing dengan toko yang lain.

Memilih Pot

Gunakan pot dengan diameter 60cm atau sesuaikan dengan bibit yang anda miliki. Pot yang anda gunakan boleh berbahan plastik, gerabah, ataupun kaleng drum bekas. Yang perlu diperhatikan adalah saat anda memilih pot, pastikan bagian dasar pot memiliki lubang saluran drainase agar air tidak menggenang di dalam pot. Jika anda menggunakan drum bekas anda bisa melubangi bagian dasarnya menggunakan paku atau alat yang lain agar pot bisa dipakai.

Membuat Media Tanam

Salah satu komponen penting dalam menanam bibit buah di dalam pot adalah pembuatan media tanam. Karena media tanam dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon. Untuk membuat media tanam anda hanya perlu menggunakan tanah, pupuk kandang yang sudah terfermentasi, dan sekam padi. Campur dan aduk ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1 sampai merata. Jika sudah selesai makan media tanam bisa anda gunakan.

Menanam Bibit Kelengkeng Aroma Durian

Jika semua bahan sudah siap, saatnya melakukan penanaman. Berikut langkah-langkah dalam menanam bibit kelengkeng aroma durian :

1. Siapkan tabulampot, masukkan pecahan genting, batu bata, atau pasir pada bagian dasar pot. Isi hingga sepertiga penuh. Hal ini dilakukan untuk membuat saluran drainase yang lancar. Agar air tidak menggenangi akar dan membuat perakaran menjadi busuk dan mati.

2. Masukkan media tanam ke dalam pot. Kemudian letakan bibit di bagian tengah. Pastikan agar polybag sudah dilepas dan tanah pada daerah akar tetap utuh dan tidak hancur. Jika sudah selesai tutupi akar dengan media tanam sampai permukaan pot.

3. Jika sudah selesai anda dapat menekan media tanam menggunakan tangan dan memadatkannya.

4. Berikan ajir dan ikat dengan batagnya, jangan diikat terlalu kencang. Hanya saja pastikan agar bibit tidak roboh saat terkena angina kencang ataupun hujan deras.

5. Sirami bibit kelengkeng aroma durian setiap satu hari sekali, dan letakkan pada daerah terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung.

Demikianlah ulasan kami tentang bibit kelengkeng aroma durian dan cara menanamnya. Anda bisa membeli bibit kelengkeng aroma durian ini di tanamantropis.com. Bibit yang kami sediakan merupakan bibit yang sehat, unggul, serta berkualitas. Jadi anda tidak perlu ragu untuk memesan bibit di toko kami.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 25 Maret 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja