Beranda » Tanaman buah » ALPUKAT » Bibit Alpukat Kelud – Alpukat Mentega Jumbo & Cepat Berbuah Dari Subang

Bibit Alpukat Kelud – Alpukat Mentega Jumbo & Cepat Berbuah Dari Subang

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori ALPUKAT, Tanaman buah
Dilihat 52 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Alpukat Kelud – Alpukat Mentega Jumbo & Cepat Berbuah Dari Subang
Jual bibit alpukat kelud unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Alpukat Kelud – Alpukat Mentega Jumbo & Cepat Berbuah Dari Subang

Bibit Alpukat Kelud, Alpukat Subang Yang Memiliki Ukuran Buah Jumbo, Serta Rasa Yang lezat, & Termasuk Alpukat Mentega Unggul

Jual bibit alpukat kelud unggul

Jual Bibit Alpukat Kelud

Jual Bibit Alpukat Kelud – Seperti yang kita tahu bahwa tanaman alpukat sedang banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis tanaman alpukat dicoba untuk dikebunkan pada lahan dengan skala luas mulai dari jenis alpukat import, seperti alpukat reed, alpukat cuba, alpukat hass, alpukat pinkerton dll. Serta berbagai alpukat lokal unggul seperti alpukat miki, alpukat kendil, alpukat aligator serta masih banyak yang lainnya. Salah satu jenis alpukat lokal yang terbukti memiliki buah yang bagus dan cocok untuk dikebunkan adalah alpukat kelud.

Tahun lalu yakni sekitaran tahun 2020 alpukat kelud memiliki ketenaran yang sangat besar. Tanaman alpukat yang satu ini menjadi populer setelah mampu menghasilkan buah dengan presentase keberhasilan mencapai 90%. Bibit alpukat kelud yang berbuah itu merupakan tanaman tabulampot yang baru memiliki usia sekitar 1,5 tahun. Namun buah yang dihasilkan sangat memuaskan karena memiliki ukuran yang besar dan rasa yang lezat.

Berkenalan Dengan Alpukat Kelud

Pada tahun 2020, seorang pekebun alpukat asal Kediri, Jawa Timur memperkenalkan varietas alpukat lokal yang ditanam pada tabulampot. Dari sekian banyak pohon alpukat yang dia tanam, 90% dari jumlah pohon mampu menghasilkan buah yang bagus. Nama alpukat tersebut adalah alpukat kelud.

Jenis alpukat kelud merupakan varietas alpukat lokal yang sudah ada cukup lama namun belum begitu terkenal. Setelah diselidiki ternyata indukan alpukat kelud ini berasal dari Subang, Jawa Barat. Serta memiliki nama lain yakni alpukat Subang, sehingga alpukat kelud memiliki dua nama yakni alpukat kelud dan alpukat subang.

Jika anda mencari toko pertanian untuk menemukan tempat jual bibit alpukat kelud anda juga bisa bertanya tempat jual bibit alpukat subang. Barangkali ada beberapa orang yang hanya familiar dengan salah satu sebutan alpukat ini.

Tabulampot alpukat kelud yang ditanam di daerah kediri tersebut mampu menghasilkan buah dalam kurun waktu 1,5 tahun saja. Dalam keadaan pohon alpukat kelud yang belum terlalu besar itu dihasilkan buah alpukat kelud yang memiliki bobot mencapai hampir 2 kg. Mendapati buah alpukat yang berukuran besar dengan waktu tanam yang tidak begitu lama akhirnya banyak orang yang mencari jenis alpukat yang berasal dari subang ini.

Bagi anda yang juga penasaran dengan penampakan buah serta pohon alpukat kelud. Kami akna memberikan ulasan mengenai ciri-cirinya. Sehingga bisa anda jadikan referensi saat memilih bibit alpukat kelud yang anda inginkan.

Ciri Alpukat Kelud

ciri alpukat kelud

Daun Alpukat Kelud

Penampakan pohon alpukat kelud sama seperti jenis alpukat lainnya, jika anda ingin membedakannya dari jenis alpukat lain anda bisa menontonnya lewat bentuk daun. Ciri daun alpukat kelud memiliki ukuran yang sedang dan sedikit memanjang dengan warna hijau sedikit kusam saat sudah tua. Namun warna daun alpukat kelud saat masih muda cokelat kemerahan. Tekstur daunnya walaupun terlihat tebal tapi cukup tipis dengan jari-jari daun yang terlihat.

Buahnya memiliki ukuran yang sangat besar dengan bentuk lonjong melengkung. Pangkalnya memiliki bentuk yang kecil kemudian membesar saat di ujung. Berat rata-rata alpukat kelud adalah sekitar 1,5 kg dan mampu mencapai berat maksimal 2kg lebih.

Kulit buahnya memiliki warna hijau saat masih muda, kemudian akan berubah menjadi kekuningan dan memiliki bercak saat buahnya sudah matang. Alpukat kelud mampu matang di pohon berbeda dengan beberapa jenis alpukat lain yang harus diperam lebih dulu agar bisa matang.

Daging buah alpukat kelud sangat tebal dengan warna kuning menggoda, warna kuning pada daging buah tersebut menjadikan alpukat kelud subang sebagai salah satu dari jenis alpukat mentega. Tekstur buahnya sangat lembut serta memiliki kadar air yang rendah. Rasa alpukat kelud tidak perlu diragukan lagi, rasa buahnya sangat lezat, gurih, dan juga pulen sehingga cocok untuk dijadikan sebagai buah meja. Cita rasa alpukat kelud yang lezat tersebut bahkan dinilai mendekati kelezatan rasa alpukat miki.

Walaupun memiliki daging buah yang tebal tidak lantas membuat biji buah alpukat kelud juga besar. Biji alpukat kelud masih tergolong kecil dan memiliki bentuk seperti biji nangka. Beiji kecilnya sedikit memanjang mengikuti bentuk daging buahnya.

Keunggulan Alpukat Subang Kelud

Keunggulan alpukat kelud

Alpukat Kelud Berbuah

Memiliki rasa buah yang lezat dan ukuran yang besar merupakan keunggulan yang paling ditonjolkan dari alpukat kelud. Namun bukan hanya itu, masih banyak lagi keunggulan alpukat kelud yang mampu membuat anda terpesona. Berikut adalah beberapa keunggulan alpukat kelud yang mampu memikat hati anda.

1. Pohon Bersifat Genjah

Memiliki pohon yang dapat berbuah dengan cepat tentunya menjadi kriteria utama pilihan petani. Bibit alpukat kelud mampu menjawab keinginan tersebut karena memiliki pohon yang bersifat genjah. Pohon alpukat kelud mampu menghasilkan buah sangat cepat hanya dengan waktu sekitar 2,5 sampai 3 tahun setelah ditanam pohonnya mampu menghasikan buah. Bahkan alpukat kelud kediri yang ditanam pada tabulampot, mampu menghasilkan buah hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun setelah ditanam.

2. Keberhasilan Berbuah Besar

Setiap kali berbunga, sekitar 80% dari bunga tersebut mampu menjadi bakal buah dan akhirnya menjadi buah yang matang dan besar. Hal ini berkaitan dengan tingkat produktifitas pohonnya yang juga sangat tinggi. Padahal pada jenis alpukat lain, dari sekian banyak bunga yang tumbuh, mungkin hanya beberapa yang berhasil menjadi buah.

3. Ukuran Buah Yang Besar

Tentu saja ukuran alpukat kelud jumbo menjadi keunggulan yang tidak boleh dilewatkan. Bobot alpukat kelud yang mampu mencapai 1,5 – 2kg merupakan keunggulan utama yang ditawarkan kepada pekebun. Karena warga Indonesia memang lebih tertarik pada buah yang memiliki ukuran besar, atau pohon yang mampu berbuah lebat.

4. Rasa Sangat Lezat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika rasa alpukat kelud sangatlah lezat. Dengan tekstur buah yang lembut dan pulen. Alpukat kelud juga memiliki kadar air yang sangat rendah sehingga banyak orang yang mengatakan jika kelezatan buahnya mampu menyamai alpukat miki.

5. Dapat Dibuahkan Pada Tabulampot

Bukan hanya dijadikan sebagai tanaman perkebunan, bagi anda yang hanya memiliki sedikit lahan anda juga bisa menanam alpukat kelud tabulampot. Bahkan dengan perawatan yang baik, kecepatan berbuah alpukat kelud dalam tabulampot jauh lebih cepat daripada penanaman pada lahan perkebunan. Buktinya adalah alpukat kelud kediri yang mampu berbuah pada usia 1,5 tahun setelah ditanam pada tabulampot.
Itulah 5 keunggulan alpukat kelud yang mungkin bisa membuat anda tertarik dan jatuh hati. Sehingga berkeinginan untuk membudidayakan janis alpukat yang berasal dari Subang Jawa Barat ini.

Sayarat Tumbuh Alpukat Kelud

  • Alpukat kelud merupakan tanaman alpukat dataran rendah yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik juga pada dataran tinggi.
  • Optimalnya alpukat kelud dapat ditanam pada daerah dengan tingkat ketinggian 10-600 mdpl. Namun pohonnya mampu tumbuh dan berbuah hingga ketinggian 1000 mdpl.
  • Jenis tanah yang cocok untuk ditanami alpukat subang adalah tanah gembur yang kaya akan unsur hara di dalamnya.
  • Tingkat keasaman tanah yang baik digunakan untuk menanam alpukat kelud memiliki pH 5,6 – 6.5.
  • Pohon alpukat subang harus terkena sinar matahari penuh sepanjang hari agar dapat mneghasilkan buah yang optimal.

Budidaya Alpukat Kelud Subang

Untuk membudidayakan alpukat subang sebenarnya tergolong mudah, karena dalam perawatannya bibit alpukat subang tidak membutuhkan perawatan khusus. Sama seperti jenis alpukat yang lainnya, perawatan rutin saat menanam bibit alpukat subang hanya perlu dilakukan secara berkala dan konsisten seperti memberikan penyiraman dan pemupukan yang cukup.

Bibit alpukat subang alias alpukat kelud ini juga dapat dibudidayakan pada tabulampot selain pada lahan perkebunan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan langkah-langka budidaya bibit alpukat kelud pada tabulampot, bagi anda yang ingin menanamnya di halaman rumah.

Pemilihan Bibit Alpukat Kelud Unggul

Harga Bibit alpukat kelud

Bibit Alpukat Kelud Unggul

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam melakukan budidaya alpukat adalah menentukan bibit alpukat kelud unggul yang akan anda tanam. Pemilihan bibit unggul ini sangat mempengaruhi budidaya agar dapat berhasil. Saran kami pilihlah bibit alpukat kelud yang diperbanyak secara vegetatif. Baik menggunakan teknik okulasi, cangkok, maupun smabung pucuk.

Kecepatan pertumbuhan dan waktu berbuah pohon yang diperbanyak secara vegetatif jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan penanaman menggunakan biji. Selain itu pohon yang anda tanam juga akn identik dengan pohon induknya.

Kemudian ciri bibit alpukat kelud yang bagus yaitu memiliki batang yang kuat dan kokoh, daunnya juga segar tidak terserang oleh hama. Usia bibit diusahakan sudah lebih dari 3 bulan setelah disambung dengan ketinggian pohon sekitar 60 cm ke atas. anda bisa mendapatkan bibit alpukat kelud unggulan ini di toko pertanian konvensional yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Namun jika anda mencari tempat jual bibit alpukat kelud online, anda bisa menghubungi kami lewat website tanamantropis.com ini. Kami juga memberikan harga bibit alpukat kelud yang pastinya pas dikantong anda, jadi anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kami.

Penanaman Bibit Alpukat Kelud Tabulampot

Setelah mendapatakn bibit alpukat kelud unggul tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman. Namun anda tidak boleh langsung menanam bibit alpukat kelud yang baru saja sampai. Biarkan terlebih dahulu bibit pada tempat yang teduh agar beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Diamkan selama kurang lebih 7-10 hari hingga bibit alpukat kelud siap untuk ditanam.

Alpukat Kelud Tabulampot

Alpukat Kelud Tabulampot

Pilih pot dengan diameter berukuran sekitar 60 cm, dengan bagian bawah memiliki lubang drainase. Anda bisa menggunakan pot plastik, gerabah, atau bahkan drum bekas yng tidak lagi digunakan. Buat juga media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kandang yang terfermentasi, dan sekam padi.

Lakukan penanaman seperti biasa dengan memasukkan media tanam hingga separuh penuh, setelah itu masukan bibit alpukat kelud dan timbun lagi dengan media tanam hingga memenuhi permukaan pot. Setelah itu taruh ditempat yang terkena sinar matahari penuh sepanjang hari.

Lakukan perawatan seperti penyiraman dan pemberian pupuk setelah pohon ditanam. Gunakan pupuk NPK berimbang atau bisa juga menggunakan pupuk kandang yang sudah terfermentasi untuk diaplikasikan ke bibit alpukat kelud.

Demikian lah ulasan kami mengenai bibit alpukat kelud alias alpukat subang yang semoga bermanfaat bagi anda. Sekali lagi jika anda mencari tempat jual bibit alpukat kelud anda bisa menghubungi cs kami untuk mendapatkan harga dan penawaran spesial. Jangan ragu, karena kami memberikan pelayanan terbaik dengan bibit yang berkualitas.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 22 November 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja