Beranda » Tanaman buah » MANGGA » Bibit Mangga Alpukat – Mangga Manis yang Bisa Dibelah Layaknya Alpukat

Bibit Mangga Alpukat – Mangga Manis yang Bisa Dibelah Layaknya Alpukat

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori MANGGA, Tanaman buah
Dilihat 231 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Mangga Alpukat – Mangga Manis yang Bisa Dibelah Layaknya Alpukat
Bibit mangga alpukat unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Mangga Alpukat – Mangga Manis yang Bisa Dibelah Layaknya Alpukat

Jual Bibit Mangga Alpukat – Salah satu tanaman buah tropis yang berbuah musiman adalah mangga. Saat ini banyak jenis bibit mangga unggul yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Sebut saja bibit mangga mahatir, bibit mangga red ivory, bibit mangga harum manis, bibit mangga kiojay, bibit mangga apel, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis buah mangga yang terkenal karena keunikannya adalah mangga alpukat.

Bibit mangga alpukat unggul

Mangga Alpukat

Mangga alpukat merupakan tanaman buah lokal yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Disebut mangga alpukat karena cara memakan buahnya sama seperti memakan alpukat, yaitu membelah buahnya menjadi dua. Daging buah dan biji mangga akan mudah terlepas. Setelah itu anda dapat menikmati buahnya dengan cara mengerok daging buah menggunakan sendok. Seperti memakan alpukat.

Sebenarnya mangga alpukat sudah populer sejak lama di daerah asalnya. Pada tahun 2013 mangga alpukat berhasil mendapatkan penghargaan “Adhikarya Pangan Nusantara” dalam lomba Agribis Holtikultura Tanaman Buah Mangga Tingkat Nasional. Penghargaan tersebut dapat diraih tentu saja karena berbagai macam keunggulan dari buah mangga ini.

Bentuk buah mangga alpukat lonjong mengikuti biji atau peloknya yang lonjong dan juga pipih. Memiliki ukuran sedang dengan daging buah yang berwarna kuning saat muda lalu akan berubah menjadi oranye saat sudah matang. Saat sudah matang kulit mangga ini akan memiliki semburat warna merah. Soal rasa buah mangga ini memiliki rasa yang manis dan beraroma harum seperti mangga harum manis hanya saja daging buahnya tidak berserat.

Karakteristik Mangga Alpukat

Secara fisik, pohon mangga alpukat tidak berbeda dengan jenis mangga yang lain. batangnya tumbuh tegak, dengan permukaan kulit pohon yang kasar. Pohonnya mampu tumbuh hingga ketinggian 4 meter dengan cabang yang cukup banyak. Daunnya pada bagian atas berwarna hijau tua dan pada bagian bawah berwarna hijau muda.

Buahnya memiliki bentuk lonjong dengan biji pipih. Warna daging buahnya kuning saat muda, saat sudah matang warnanya oranye cerah. Saat buahnya matang kulitnya akan memiliki semburat warna merah. Daging buah mangga alpukat tebal, padat, dan tak berserat. Rasa buahnya manis dan beraroma harum.

Manfaat Mengkonsumsi Mangga Alpukat

Mengkonsumsi Mangga alpukat secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anda, beberapa manfaat tersebut adalah :

o Mencegah anemia

o Meningkatkan fungsi otak

o Menurunkan kolesterol

o Mengoobati penyakit asma

o Meningkatkan kesehatan mata

o Mengatur tekanan darah

o Memelihara kesehatan kulit

o Meningkatkan imunitas

Syarat Tumbuh Mangga Alpukat

o Mangga alpukat merupakan jenis tanaman buah dataran rendah.

o Bibitnya dapat tumbuh dengan optimal apabila ditanam pada daerah dengan ketinggian dibawah 500 mdpl.

o Tanah yang baik untuk menanam bibit mangga alpukat adalah tanah porus atau tanah gembur yang memiliki banyak humus.

o Tingkat keasaman tanah yang cocok memiliki pH 5 – 6

o Bibit mangga alpukat akan tumbuh dengan baik apabila mendapatkan musim kering selama 3 – 4 bulan.

o Bibitnya membutuhkan sinar matahari penuh sehingga akan lebih baik jika ditanam pada area terbuka.

Cara Menanam Bibit Mangga Alpukat

Jika anda ingin menanam bibit mangga alpukat berikut adalah beberapa langkah yang harus anda lakukan.

Memilih Bibit Mangga Alpukat

Untuk membudidayakan mangga alpukat pemilihan bibit merupakan hal yang penting. Jika anda salah dalam memilih bibit akan mempengaruhi pertumbuhan atau pembuahan pohon. Walaupun anda sudah merawatnya dengan baik dan benar.

bibit mangga alpukat unggul

Bibit Mangga Alpukat

Untuk menghasilkan bibit mangga alpukat anda bisa menggunakan perbanyakan generatif yaitu dengan cara menanam sejak biji. hanya saja kekurangan dari perbanyakan generatif yaitu bibit atau pohon yang dihasilkan tidak selalu sama seperti indukannya. Jadi walaupun berasal dari pohon yang subur dan berbuah lebat, menanam menggunakan biji tidak selalu menghasilkan pohon yang sama. Selain itu waktu untuk menghasilkan buahnya lebih lama ketika menanam menggunakan biji, berbeda dengan menanam dengan teknik okulasi, cangkok, atau sambung pucuk.

Cara kedua dalam menghasilkan bibit mangga alpukat adalah dengan perbanyakan vegetatif atau memperbanyak bibitnya menggunakan teknik cangkok, okulasi, atau sambung pucuk. Keunggulan dari perbanyakan ini adalah, sifat indukan akan diturunkan 99% kepada bibit, sehingga jika berasal dari pohon yang subur dan berbuah lebat, bibitnya akan memiliki sifat yang sama. Kemudian waktu berbuahnya jauh lebih cepat daripada menanam menggunakan biji. Jadi jika anda ingin menanam mangga alpukat untuk kepentingan usaha, akan lebih baik jika menanam bibit dengan perbanyakan vegetatif.

Jika anda merasa sulit untuk melakukan perbanyakan bibit sendiri. Anda bisa mendapatkan bibitnya di toko pertanian tempat jual bibit mangga alpukat. Anda juga bisa mengunjungi toko online seperti tanamantropis.com. Jika membeli secara online, tentu lebih memudahkan anda karena anda hanya perlu memesan dan bibit akan langsung dikirim ke tempat anda. harga bibit mangga alpukat yang ada di tanamantropis pun terjangkau dan bersaing dengan toko yang lain.

Penanaman Bibit Mangga Alpukat

Hal pertama yang harus disiapkan dalam menanam bibit mangga alpukat adalah mempersiapkan lahan tanam. Bersihkan lahan yang akan anda gunakan. Singkirkan sampah-sampah, batuan kerikil, rumput liar, serta gulma yang tumbuh di sekitar lahan. Jika sudah selesai membersihkan lahan, anda bisa membuat lubang tanam dengan ukuran kira-kira 65 x 65 x 65 cm atau bisa juga disesuaikan dengan ukuran bibit yang anda miliki.

Jika lubang tanam sudah dibuat biarkan lubang terbuka dan biarkan terkena sinar matahari selama satu minggu. Tujuannya adalah agar bakteri-bakteri penyebab penyakit pada bibit mati. Kemudian berikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam dan biarkan selama satu minggu agar nutrisi dari pupuk kandang terserap ke dalam tanah.

Jangan lupa juga buat media tanam. Anda bisa menggunakan tanah galian bagian atas dan dicampur dengan pupuk kandang yang sudah terfermentasi dan sekam padi, campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Media tanam ini nantinya digunakan untuk menimbun bibit mangga alpukat saat sudah masuk lubang tanam.

Jika sudah lewat satu minggu sejak anda memeberikan pupuk pada lubang tanam, anda bisa menanam bibit mangga alpukat anda. lepaskan polybag yang menempel pada bagian akar bibit, pastikan agar tanahnya tidak rusak atau hancur. Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam dan timbun dengan media tanam. Jika sudah selesai padatkan tanah dengan menepuk-nepuknya menggunkan tangan anda. Kemudian sirami bibit, Jangan lupa berikan ajir agar bibit mangga alpukat dapat tumbuh tegak dan tidak roboh saat terkena hujan deras ataupun angin yang kencang.

Demikianlah ulasan kami tentang bibit mangga alpukat, beserta keunggulan dan cara menanamnya. Sekali lagi jika anda ingin membudidayakan bibit mangga alpukat ini jangan ragu untuk menghubungi tanamantropis.com karena kami memiliki bibit mangga alpukat yang sehat dan berkualitas serta berbagai macam bibit tanaman buah lainnya, yang cocok untuk kegiatan berccocok tanam anda.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 24 Maret 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja