Beranda » Tanaman buah » ALPUKAT » Jual Bibit Alpukat Maluma – Alpukat Unggul Yang Mirip Dengan Hass

Jual Bibit Alpukat Maluma – Alpukat Unggul Yang Mirip Dengan Hass

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori ALPUKAT, Tanaman buah
Dilihat 176 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Alpukat Maluma – Alpukat Unggul Yang Mirip Dengan Hass
Jual Bibit Alpukat Maluma Unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Alpukat Maluma – Alpukat Unggul Yang Mirip Dengan Hass

Alpukat Maluma, Alpukat Unggul Yang Memiliki Penampilan Mirip Dengan Alpukat Hass

Jual Bibit Alpukat Maluma Unggul

Jual Bibit Alpukat Maluma Unggul

Jual Bibit Alpukat Maluma – Seperti yang mungkin anda semua tahu, buah alpukat saat ini sedang banyak dicari oleh pekebun, pembudidaya, maupun pengkoleksi. Berbagai jenis alpukat pun menjadi incaran, mulai dari yang berbuah besar hingga yang memiliki rasa sedap. Mulai dari alpukat lokal hingga alpukat introduksi yang berasal dari luar negeri.

Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis alpukat yang tentu sjaa secara kualitas sangat mampu bersaing dengan alpukat introduksi. Tapi pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas alpukat lokal. Kami akan memberikan informasi mengenai alpukat introduksi yang berasal dari Afrika selatan, yakni alpukat maluma.

Bagi pegiat alpukat tentu sedikit banyak sudah tahu mengenai buah alpukat yang satu ini. Tapi bagi anda yang mungkin baru berkecimpung di dunia alpukat dan mencari buah alpukat apa yang cocok dengan kondisi tanah anda. Maka artikel kami kali ini bisa anda baca, siapa tahu ternyata buah alpukat yang akan kita bahas ini cocok dengan tanah anda.

Berkenalan Dengan Alpukat Maluma

Seperti yang sudah dikatakan di atas jika alpukat maluma merupakan alpukat introduksi yang berasal dari Afrika Selatan. Banyak yang menyebut alpukat maluma dengan nama “Maluma Hass” karena penampakan buahnya yang mirip dengan alpukat hass.

Pohon alpukat maluma pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang berasal dari Levubu, Afrika Selatan. Nama petani tersebut adalah Mr. Dries Joubert, beliau menanam buah alpukat pada lahan perkebunannya yang bernama “Maluma”, itulah asal dari mana nama alpukat maluma muncul.

Jika dilihat dari sejarahnya sebenarnya masih ada kaitan antara alpukat maluma dengan alpukat hass yang saat ini disebut sebagai jenis alpukat paling enak di dunia. Di tempat pembibitan alpukat yang memiliki metode ekslusif bernama klon mikro, terciptalah sebuah alpukat dengan nama alpukat hass. Setelah itu pada tahun 2000an sebuah alpukat mirip hass ditemukan lagi di kebun tersebut, dengan beberapa ciri khas dan diberikanlah nama alpukat maluma. Kemudian pada tanggal 7 November 2004 kebun tersebut diberikan hak pemuliaan tanaman di Afrika Selatan.

Kemudian pada tahun 2006, alpukat maluma diberikan otoritas penuh oleh otoritas Afrika Selatan untuk mengekspor penuh produknya. Pada Kongres Dunia Alpukat VI yang diadakan di Viña del Mar, Chili pada 2007, alpukat maluma pun terungkap dan akhirnya ditanam di seluruh dunia di daerah-daerah penghasil alpukat.

harga bibit alpukat maluma

Pohon Alpukat Maluma

Ciri-ciri Pohon Alpukat Maluma

Untuk ciri-ciri pohon alpukat maluma memiliki postur pohon yang lebih lurus dibandingkan hass. karena alpukat maluma ini merupakan buah alpukat ras Guatemala dengan sedikit pengaruh ras Meksiko. Namun batang pohon alpukat maluma tidak lebih kuat dari alpukat hass. Pohon alpukat maluma memiliki bunga bertipe A.

Jika anda ingin pertumbuhan pohon alpukat maluma ini tidak terlalu tinggi, maka pemotongan batang utama perlu diperhatikan. Percabangan pohon alpukat maluma sangat banyak namun tida beraturan, dengan percabangan yang cenderung melebar kesamping bukan mejuntai ke atas. Daun alpukat maluma memiliki bentuk yang cenderung ramping, sedikit bengkok, dan kebanyakan bergelombang, pertumbuhan daunnya terkulai atau menjuntai ke abawah.

Berbeda dengan kebanyakan jenis alpukat introduksi yang lebih adaptif dan responsif pada suhu dan cuaca udara yang dingin. Pohon alpukat maluma malah lebih responsif terhadap suhu udara dan cuaca yang hangat. Jadi bagi anda yang ingin menanam alpukat introduksi di daerah dataran rendah yang hangat, bibit alpukat maluma sangat kami rekomendasikan untuk anda.

Pohon alpukat maluma ini memiliki tingkat produktifitas yang sangat tinggi, Menurut Dr. Andre Ernst dari Allesbeste Nursery. Panen alpukat maluma mampu menghasilkan buah sangat banyak untuk ukuran alpukat introduksi, karena dalam satu kali panen alpukat maluma mampu mneghasilkan buah sebanyak 20 ton per hektar. Sedangkan untuk alpukat hass sendiri sampai saat ini rekor terbaik dalam panen alpukat hass hanya mampu mencapai 12-15 ton per hektar. Jadi mungkin anda akan lebih tertarik dengan bibit alpukat maluma ini jika anda berada pada wilayah daerah dataran rendah.

Ciri-ciri Alpukat Maluma

Buah alpukat maluma memiliki berta rata-rata sekitar 250-300 gram untuk satu buahnya dan berat paling rendah ada pada kisaran 150 gram, sesdangkan untuk berat maksimal mampu mencapai 400 gram.

Jika dilihat secara langsung penampilan alpukat maluma memang snagat-sangat mirip dengan alpukat hass, bahkan mendekati identik. Perbedaan yang paling kentara hanya dari pentuknya, dimana alpukat maluma memiliki bentuk lebih pyriforme yakni berbentuk seperti buah pir. Serta kulit buahnya yang jauh lebih kasar dan memiliki kulit mengkilap.

Kulit alpukat maluma memilikki warna ungu cenderung hitam gelap saat sudah matang. Saat masih muda atau saat masih di pohon warna kulit alpukat maluma masih hijau. Kemudian warnanya akan berganti dari hijau menjadi hitam saat buahnya sudah dipetik dan diperam, sama seperti alpukat hass.
Permukaan kulit alpukat maluma tidak halus bahkan cenderung lebih kasar dan juga berkerikil. Kulitnya juga tebal sehingga saat memakan buah alpukat yang satu ini sangat mudah melepaskan kulit dari buahnya.

Ciri-ciri alpukat Maluma

Buah Alpukat Maluma

Bagian dalam alpukat maluma ini memiliki penampilan buah yang warnanya lebih pucat dibandingkan dengan alpukat haas. Serta serat buahnya juga tidak banyak dengan perbandingan daging dan biji yang lebih baik. Biji alpukat maluma sangat kecil, bahkan ukurannya hanya setengah dari biji alpukat hass. Sehingga presentase daging buah jauh lebih banyak dibandingkan hass. karena memang selai ukuran bijinya yang kecil ukuran buah alpukat maluma juga lebih besar daripada hass.

Kemudian bagian daging buah alpukat maluma juga memiliki tekstur yang bagus. Beberapa orang pekebun maluma di berbagai belahan dunia mengatakan jika tekstur daging buah alpukat ini berminyak dan seperti mentega. Untuk waktu panen biasanya buah maluma yang dipanen pada kahir desember akan memiliki rasa yang lezat namun tidak lebih bagus dari hass. Sedangkan buah yang dipanen pada akhir september akan snagat lezat bahkan melebihi kelezatan hass.

Keunggulan Alpukat Maluma

Berikut adalah beberapa keunggulan alpukat maluma yang mungkin dapat membuat anda tertarik membudidayakannya :

  1. Ukuran buah alpukat maluma terkenal cukup besar dengan berat rata-rata satu buah mencapai kisaran 250-300 gram. Dengan ukuran buah paling besar mampu mencapai berat 400 gram per buah.
  2. Daging buah alpukat maluma juga bisa dibilang cukup tebal, dengan tekstur buah yang sedikit berserat. Warna daging buah alpukat maluma sedikit lebih pucat dari alpukat hass, dengan tekstur daging yang berminyak seperti mentega.
  3. Rasa alpukat maluma mirip seperti alpukat hass, dengan citarasa buah yang gurih dan juga lezat.
  4. Biji alpukat maluma juga terkenal sangat kecil, bahkan hanya berukuran setengah dari biji alpukat hass. Dengan begitu daging buah alpukat maluma menjadi lebih tebal dibandingkan alpukat hass.
  5. Kadar kematangan alpukat maluma dinilai lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal. Buahnya juga dapat matang secara serempak, sehinga mampu memberikan keuntungan lebih dalam mengkonsumsi buahnya karena banyak yang matang.
  6. Pertumbuhan pohon alpukat maluma cenderung lebih lambat, namun dapat dengan mudah berbuah. Pertumbuhan yang lambat tersebut memudahkan petani dalam melakukan perawatan pada pohonnya. Salah satunya adalah memudahkan pemangkasan serta pengambilan buah saat panen.
  7. Tingkat produktifitas bibit alpukat maluma sangat tinggi, karena dalam satu hektar luas pohon yang ditanam. Alpukat jenis ini mampu menghasilkan buah sebanyak 20 ton, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin membuka perkebunan alpukat. Serta snagat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman untuk kepentingan bisnis.
  8. Bagi anda yang ada di wilayah dataran rendah, pohon alpukat maluma sangat adaptif saat ditanam pada wilayah dataran rendah yang biasnaya bersuhu panas.
  9. Selain itu alpukat maluma juga cocok apabila ditanam menggunakan tabulampot. bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas anda bisa menanamnya di skeitaran rumah anda. Pertumbuhan pohon alpukat maluma juga cukup lambat sehingga cocok untuk tabulampot.

Cara Tanam Alpukat Maluma

Untuk meananam alpukat maluma ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar mampu menghasilkan pohon alpukat yang berbuah dengan cepat dan juga lebat.

1. Pilih Bibit Unggul

Pilihlah bibit alpukat maluma yang diperbanyak secara vegetatif dnegan cara okulasi maupun sambung. Bibit yang diperbanyak secara vegetatif biasanya mampu menghasilkan buah dengan cepat dan memiliki pohon yang sama seperti pohon induknya.

Sudah banyak tempat jual bibit alpukat maluma di Indonesia, anda bisa membelinya secara langsung maupun online. Kami dari tanamantropis.com juga jual bibit alpukat maluma yang pastinya unggul. Harga bibit alpukat maluma yang kami tawarkan juga cukup terjangkau, kami juga memberikan garansi bagi setiap bibit yang anda beli apabila mengalami kerusakan dalam perjalanan.

Bibit Alpukat Maluma

Bibit Alpukat Maluma

2. Persiapan Lahan Tanam

Persiapkan lahan tanam dengan membuat lubang tanam berukuran 50x50x50 cm, kemudian tabrkan kapur dolomit dan biarkan lubang terkena sinar matahari selama 1 minggu. Jika sudah satu minggu atau lewat berikan pupuk kandnag pada bagian dasar lubang, dan tutupu dengan tanah galian. Biarkan selama 1 minggu hingga pupuk kandang meresap ke dalam tanah untuk menutrisinya.

3. Jarak Tanam Alpukat Malum

Jika menanam lebih dari satu pohon anda harus memberikan jarak tanam yang sesuai, jarak tanam yang ideal untuk alpukat biasanya sekitar 6mx6m. Boleh kurang dari itu sekitar 4mx4m, tapi anda harus sering melakukan pemangkasan agar semuanya terkena sinar matahari dan tidak terhalangi pohon yang lain.

4. Proses Penanaman

Jika tanah sudah didiamkan selama satu minggu dengan pupuk kandang, maka lubang tersebut sudah siap ditanami. Masukkan bibit alpukat maluma ke dalam lubang tanam, jangan lupa singkirkan poly bag yang ada di bagian bawah bibit. Letakkan dan kemudian timbun dengan tanah bekas galian tadi serta padatkan dengan tangan. Setelah itu sirami bibit dengan air secara rutin setiap hari.

Perawatan Setelah Penanaman

Jika anda selesai melakukan penanaman bibit alpukat maluma tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan rutin. Lakukan perawatan rutin seperti menyirami bibit seiap hari, jangan sampai tanah tempat penanaman alpukat maluma menjadi kering.

Kemudian berikan pemupukan dengan pupuk kandang setiap 4 bulan sekali, gunakan pupuk kandnag yang sudah terfermentasi dnegan dosis sekitar 10-20 kg per pohon. Jika anda menggunakan pupuk NPK anda bisa mengaplikasikannya setiap 2-4 minggu sekali dengan dosis satu sendok makan untuk satu pohon. Bisa langsung ditaburkan di sekeliling perakaran atau mencampurkannya dnegan 10 liter air.

Lakukan pemangkasan pada tunas-tunas air agar pendistribusian nutirisi bisa lebih terfokuskan. Siangi juga rumput-rumput liar yang sudah tumbuh tinggi di sekitar bibit alpukat maluma ditanam. Anda juga bisa melakukan penggemburan tanah apabila tanah di area penanaman sudah memadat dan membuat air tidak bisa terserap.

Itulah ulasan kami mengenai bibit alpukat maluma yang cocok untuk anda budidayakan di daerah dataran rendah. Jika anda teratarik untuk menanam alpukat introduksi yang satu ini atau berbagai jenis alpukat yang lain, anda bisa menghubungi kami di website tanamantropis.com. Atau anda juga bisa menghubungi Cs kami untuk mendapatkan harga serta penawaran yang spesial.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 6 Januari 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja