Beranda » Tanaman buah » JERUK » Bibit Jeruk Pamelo Madu – Jeruk Jumbo Dengan Rasa Manis Dan Tanpa Biji

Bibit Jeruk Pamelo Madu – Jeruk Jumbo Dengan Rasa Manis Dan Tanpa Biji

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori JERUK, Tanaman buah
Dilihat 354 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Jeruk Pamelo Madu – Jeruk Jumbo Dengan Rasa Manis Dan Tanpa Biji
bibit jeruk pamelo madu unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Jeruk Pamelo Madu – Jeruk Jumbo Dengan Rasa Manis Dan Tanpa Biji

Jual bibit Jeruk Pamelo Madu Memiliki iklm tropis memberikan banyak sekali keuntungan untuk tanah Indonesia. Salah satunya adalah karena dapat menumbuhkan berbagai macam jenis tanaman buah seperti jeruk. Buah jeruk pun memiliki berbagai macam jenis, ada jeruk Sunkist, jeruk nagami, jeruk baby, dan satu lagi adalah jenis jeruk yang sangat popular yaitu jeruk pamelo madu.

bibit jeruk pamelo madu unggul

Jeruk Pamelo Madu

Jeruk pamelo atau mungkin lebih dikenal dengan nama jeruk bali merupakan buah jeruk yang memiliki ukuran paling besar dibandingkan jenis jeruk lain. sementara itu ada dua kultivar dari jeruk pamelo yang terkenal di masyarakat yaitu jeruk pamelo merah dan jeruk pamelo madu. Kali ini akan kita ulas mengenangi jeruk pamelo madu.

Sesuai dengan Namanya buah jeruk pamelo madu memiliki rasa yang manis, tanpa masam, atau pun getir. Ukuran satu buah jeruk pamelo madu sangat besar bahkan mampu mencapai bobot sekitar 1 – 3 kg. Daging buah jeruk pamelo madu bertekstur lembut tanpa ampas dengan rasa juicy yang menyegarkan karena memiliki kandungan air yang banyak. Bulir-bulir jeruknya pun besar-besar dan tidak mengandung biji, sebanyak 90 % dari buah pamelo madu adalah daging buah tanpa biji.

Karakteristik Jeruk Pamelo Madu

Pohon jeruk pamelo madu tidak jauh berbeda dengan jeruk bali biasa, pohonnya mampu mencapai ketinggin 5 hingga 15 meter. Batangnya memiliki diameter kurang lebih hingga 30 cm. kulit pohonnya berwarna cokelat dan tebal, serta memiliki percabangan yang saling berjauhan dan semakin merunduk pada bagian ujungnya.

harga bibit jeruk pamelo madu

Buah Jeruk Pamelo Madu

Daun bibit jeruk pamelo memiliki bentuk bulat telur dan berukuran besar, memiliki warna hijau kekuningan. Bunganya termasuk jenis bunga majemuk yang tersusun dalam malai dan berbentuk seperti bintang dengan diameter 1,5 – 2,5 cm, aromanya harum dan berwarna putih.

Bentuk buahnya bulat dan berwarna hijau kekuningan, daging buahnya memiliki bulir yang berwarna kemerahan cenderung merah muda dengan ukuran jumbo. Kulit buah jreuk pamelo madu juga cukup tebal sekitar 1 – 2 cm. Keunggulan dari buah jeruk pamelo madu adalah buahnya yang tidak mudah busuk karena memiliki daya tahan buah yang tinggi.

Tanpa bantuan lemari es buah jeruk pamelo mampu bertahan hingga 1 bulan lamanya. Rasanya akan lebih enak, lebih manis, dan lebih lembut jika didamkan selama beberapa hari setelah pemetikan.

Syarat Tumbuh Jeruk Pamelo Madu

Untuk menumbuhkan bibit jeruk pamelo madu ada beberapa hal yang harus terpenuhi agar pertumbuhan dan pembuahan bibit tersebut berlangsung secara optimal.

o Tanam jeruk pamelo madu pada daerah dataran rendah dengan tingkat ketinggian optimal sekitar 0 – 400 mdpl.

o Taruh pada tempat yang menerima sinar matahari secara langsung.

o Suhu optimal untuk penanaman jeruk pamelo sekitar 13 – 35 derajat Celcius.

o Pilih tempat dengan waktu bulan kering sekitar 3 – 4 bulan berturut – turut.

o Curah hujan untuk menanam bibit jeruk pamelo berada pada kisaran 1500 – 2500 mm per tahun.

o Tanah yang cocok untuk menanam bibit jeruk pamelo madu adalah jenis tanah yang subur gembur dan kaya akan unsur organik yang tinggi.

o Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk menanam bibit jeruk pamelo madu adalah tanah dengan pH 5 – 7.

Budidaya Bibit Jeruk Pamelo Madu

Belum banyak orang yang membudidayakan jeruk pamelo madu, hal ini membuat peluang usaha dalam pembudidayaannya masih terbuka sangat lebar. Apalagi penggemar jeruk pamelo madu kebanyakan adalah kalangan menengah ke atas maka dari itu harga buahnya masih tergolong mahal.

Saingan satu-satunya bagi petani jeruk pamelo madu lokal adalah buah jeruk pamelo madu import yang biasanya di datangkan dari Malaysia dan Hongkong. Karena dianggap buahnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Untuk membudidayakan bibit jeruk pamelo madu, berikut adalah Langkah-langkah yang harus dilakukan.

Memilih Bibit Jeruk Pamelo Madu

Seperti yang telah disampaikan di atas buah jeruk pamelo madu tidak memiliki biji di dalam buahnya. Sehingga penanaman atau pembibitan secara vegetatif atau penanaman sejak biji tidak bisa dilakukan. Maka dari itu untuk memperbanyak bibit dilakukan secara vegetatif menggunakan Teknik okulasi atau pun cangkok.

jual bibit jeruk pamelo madu

Bibit Jeruk Pamelo Madu

Dalam perbanyakan bibit secara vegetatif ini anda harus memilih pohon induk yang berkualitas. Pilih pohon induk yang tumbuh sehat serta subur. Keunggulan dari penanaman menggunakan biit yang diperbanyak secara vegetatif adalah bibitnya dapat tumbuh dan berbuah dengan lebih cepat. Bahkan sifat dari pohon induknya dapat diturunkan kepada bibitnya.

Jika terlalu sulit untuk menemukan tempat jual bibit jeruk pamelo disekitar tempat tinggal anda. Silakan hubungi tanamantropis.com karena harga bibit jeruk yang kami tawarkan bersaing dengan toko pertanian lain. Kami juga menyediakan berbagai macam jenis bibit buah unggul lain yang tentunya sehat dan berkualitas.

Penanaman Bibit Jeruk Pamelo Madu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menanam bibit jeruk pamelo madu adalah mempersiapkan lahan tanam. Bersihkan dari sampah, gulma, serta rumput liar, kemudian gemburkan tanah dan buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau sesuaikan dengan bibit yang anda miliki. Berikan jarak tanam sekitar 5 – 7 meter antar lubang agar tidak saling mengganggu pertumbuhan.

Setelah lubang tanam sudah siap masukkan bibit jeruk pamelo madu ke dalam lubang tanam. Kemudian timbun dengan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kendang yang sudah terfermantis dan juga sekam padi. Padatkan tanah menggunakan tangan dan jangan lupa siram menggunakan air. Setelah itu lakukan penyiraman secara rutin.

Perawatan Bibit Jeruk Pamelo Madu

Dalam hal perawatan bibit jeruk pamelo madu tidak memiliki perbedaan dengan tanaman lain. cukup lakukan penyiraman secara rutin setiap dua kali sehari pada waktu pagi dan malam hari atau sehabis maghrib. Berikan pupuk kendang setiap 6 bulan sekali untuk merangsang pertumbuhan bunga dari bibit.

Jangan lupa juga lakukan pemangkasan pada tunas air muda agar nutrisi dapat terfokuskan pada cabang yang menjadi cabang utama tempat dimana buah akan muncul. Saat buahnya sudah muncul jangan lupa untuk melakukan penjarangan buah agar ukuran buah pamelo dapat maksimal. buah jeruk pamelo sudah dapat dipanen ketika telah berusia 6 bulan sejak bunga pertama kali muncul.

Demikian ulasan kami mengenai bibit jeruk pamelo madu dan cara pembudidayaannya. Jika anda tertarik untuk membudidayakan jeruk pamelo madu, anda bisa memesan bibitnya di tanamantropis.com. harga bibit jeruk pamelo madu yang kami tawarkan bersaing dengan toko pertanian lain. kami juga menyediakan berbagai macam bibit buah unggul lain yang tentunya sehat dan berkualitas untuk kegiatan berkebun anda.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 28 April 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja