Beranda » Tanaman buah » ALPUKAT » Bibit Alpukat Reed – Alpukat Unggul Dari California Yang Memiliki Rasa Lezat

Bibit Alpukat Reed – Alpukat Unggul Dari California Yang Memiliki Rasa Lezat

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori ALPUKAT, Tanaman buah
Dilihat 243 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Alpukat Reed – Alpukat Unggul Dari California Yang Memiliki Rasa Lezat
bibit alpukat reed unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Alpukat Reed – Alpukat Unggul Dari California Yang Memiliki Rasa Lezat

Jual Bibit Alpukat Reed Alpukat merupakan tanaman buah yang sering diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Bukan hanya itu buah alpukat pun banyak yang dijadikan buah meja alias buah yang dapat langsung dimakan. Beberapa bibit alpukat import mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia, sebut saja bibit alpukat alligator, bibit alpukat miki, bibit alpukat hass, dan satu lagi yang belakangan ini sedang popular yaitu bibit alpukat reed.

bibit alpukat reed unggul

Alpukat Reed

Alpukat reed merupakan tanaman buah unggul yang berasal dari California, Amerika Serikat. Bibitnya pertama kali ditemukan pada tahun 1948 oleh salah satu petani buah alpukat di Carlsbad, California yang bernama James S. Reed. Pada tahun 1960, kemudian james mematenkan jenis alpukat Reed ini. Walaupun begitu di Indonesia bibit alpukat reed baru popular baru-baru ini.

Kebanyakan introduksi bibit yang ada di Indonesia bukan hanya berasal dari California, tetapi ada juga yang berasal dari Vietnam. Hal ini karena di Vietnam pohon alpukat reed sudah terkenal lebih dulu dan terbukti dapat tumbuh dan berbuah dengan baik.

Buah alpukat reed memiliki bentuk yang mirip seperti alpukat miki dengan bobot buah rata-rata berkisar antara 350 – 700 gram. Satu pohon alpukat reed mampu menghasilkan buah sekitar 120 – 160 kg per pohon. Kulit buahnya berwarna hijau bahkan saat buahnya matang. Kulitnya memiliki tekstur yang kasar dan tidak mulus. Kulit buah alpukat miki tebal dan kenyal sehingga mudah untuk dikupas. Setelah panen buah alpukat reed mampu bertahan lama alias awet tanpa mengurangi kualitas buahnya.

Daging buah alpukat reed memiliki presentase 75% – 80% dengan warna kuning krem yang merata. Tekstur buahnya lembut, dan pulen tanpa serat, serta rendah lemak. Aroma dari alpukat reed pun khas alpukat mentega yang lembut. Dengan rasa buah yang gurih, pulen, dan lezat.

Keunggulan Alpukat Reed

harga bibit alpukat reed

Buah Alpukat Reed

Walau belum terlalu banyak orang yang mengenal tentang alpukat reed. Namun peminat buah alpukat ini mulai bertambah dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentu saja buka terjadi tanpa alas an, temtu saja keunggulan dari alpukat ini berperan dalam kepopuleran buahnya. Lalu beberapa keunggulan dari buah alpukat reed ini yaitu :

o Pohon alpukat reed diketahui memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap kondisi tanah dan juga kondisi iklim. Sehingga bibitnya dapat ditanam pad daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

o Citarasa buahnya excellent, gurih, lembut, dan pulen dengan aroma mentega yang kuat.

o Tergolong alpukat yang genjah karena dapat berbuah dengan cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 tahun setelah masa penanaman dan bibit alpukat ini akan mulai berbuah.

o Tingkat produktivitasnya tinggi, saat dalam puncak masa produktifnya satu pohon alpukat reed mampu menghasilkan buah sebamyak 120 – 160 kg.

Syarat Tumbuh Alpukat Reed

Sebelum memulai menanam dan membudidayakan bibit alpukat reed, anda harus terlebih dahulu mengetahui syarat tumbuh bibitnya. Agar pertumbuhan dan pembuahan pohonnya dapat berlengsung secara optimal.

a) Tanamlah bibit alpukat reed pada tingkat ketinggian tanah 200 – 1500 mdpl. Pada ketinggian tersebut pohon alpukat reed dapat tumbuh dengan optimal.

b) Tanah yang cocok untuk menanam bibit alpukat reed adalah tanah yang subur, gembur, serta mengandung banyak unsur organik di dalamnya.

c) Kadar keasaman tanh yang baik untuk menanam bibit alpukat reed memiliki pH berkisar antara 5,5 – 6,5.

d) Membutuhkan sinar matahari sebanyak 40% – 80% sehingga akan lebih baik untuk menanamnya pada lahan yang terbuka.

Cara Menanam Bibit Alpukat Reed di tabulampot

Menanam alpukat reed sebenarnya bisa dilakukan pada lahan terbuka maupun menggunakan pot. Jika menanam menggunakan pot biasanya bertujuan untuk konsumsi pribadi, bibitnya dapat ditaruh di halaman depan rumah sekaligus menjadi tanaman penghias rumah. Berikut Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menanam bibit alpukat reed di dalam tabulampot.

Memilih Bibit Alpukat Reed

Pilihlah bibit alpukat reed yang dihasilkan menggunakan perbanyakan vegetatif. Perbanyakan vegetatif merupakan proses pembibitan yang dilakukan menggunakan Teknik okulasi, sambung pucuk, maupun cangkok. Perbanyakan vegetatif memiliki keunggulan dibandingkan dengan perbanyakan generatif atau sejak biji.

jual bibit alpukat reed

Bibit Alpukat Reed

Keunggulan pertama yaitu bibit yang dihasilkan mampu berbuah jauh lebih cepat dibandingkan menanam menggunakan biji. Lalu keunggulan berikutnya yaitu sifat dari pohon induk akan diturunkan sebanyak 99% ke bibitnya, jadi jika pohon indukan alpukat reed ini cepat berbuah dan berbuah banyak. Maka bibit yang dihasilkan pun akan memiliki karakter yang persis seperti itu.

Untuk mendapatkan bibitnya carilah di toko-toko pertanian tempat jual bibit alpukat reed. Tapi jika tidak bisa menemukan tempatnya, bisa juga menghubungi tanamantropis.com. kami menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah. Selain itu harga bibit alpukat reed yang kami tawakan juga bersaing dengan toko pertanian lain.

Pemilihan Pot

Gunakan pot yang terbuat dari bahan apa saja, bisa pot yang terbuat dari plastik, pot yang terbuat dari gerabah, ataupun pot yan terbuat drai kaleng, bisa juga memanfaatkan drum bekas. Sesuaikan ukuran pot yang akan digunakan dengan bibit alpukat reed yang dimiliki. Yang terpenting adalah pastikan agar bagian bawah pot anda memiliki lubang drainase pada bagian dasarnya, agar air tidak menggenang saat disisrami.

Pembuatan Media Tanam

Media tanam yang baik terbuat dari campuran bahan-bahan organic seperti tanah, pupuk kendang yang sudah terfermentasi, dan juga sekam padi. Cara pembuatan media tanam ini pun sangat mudah. Cukup dengan mencampur ketiga bahan tersebut dengan perbandingan bahan sebanyak 1 : 1 : 1, jika sudah tercampur dengan merata tandanya media tanam sudah siap untuk digunakan.

Penanaman Bibit Alpukat Reed

Saat semua bahan dan peralatan sudah tersedia maka penanaman bibit alpukat reed sudah bisa dilakukan, berikut merupakan Langkah-langkah penanamannya:

1) Masukkan pecahan genting, batu bata, atau pasir pada bagian dasar pot untuk memperlancar drainase saat penyiraman. Sehingga bibit tidak akan terendam air dan mengurangi resiko terjadinya pembusukan pada akar yang nanti membuat bibit mati.

2) Masukan juga media tanam hingga memenuhi setengah pot.

3) Lepaskan polybag yang ada di sekitar perakaran bibit, usahakan agar akr bibit tidak rusak.

4) Setelah itu masukan bibit alpukat reed ke dalam pot dan timbun dengan media tanam hingga permukaan pot.

5) Padatkan tanah dengan tangan dan berikan ajir agar bibit dapat tumbuh dengan tegak dan tidak mudah roboh saat terkena angin ataupun hujan deras.

6) Letakkan pot pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan jangan lupa sirami bibit secara rutin setiap dua kali sehari.

Demikian ulasan kami mengenai bibit alpukat reed, keunggulan, serta, cara penanamannya. Jika anda berminat untuk membudidayakan buah alpukat reed. Jangan ragu untuk memesan bibitnya di tanamantropis.com. karena harga bibit yang kami tawarkan bersaing dengan toko pertanian lain. kami juga menyediakan berbagai macam bibit buah unggul lainnya yang tentu saja sehat dan berkualitas untuk kegiatan berkebun anda.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 24 April 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KEBUN

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja