Beranda » Artikel Blog » Cara Membasmi Hama Penggerek Batang pada Tanaman Buah

Cara Membasmi Hama Penggerek Batang pada Tanaman Buah

Diposting pada 23 Juli 2020 oleh Zazid Albastomi | Dilihat: 122 kali | Kategori:

Kegiatan bertanam akhir-akhir ini mulai banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Lahan kosong di halaman depan atau pekarangan belakang rumah disulap menjadi kebun kecil dengan pot-pot yang berisi bibit buah tanaman tropis. Tentu saja menanam bibit buah di dalam pot menjadi pilihan yang tepat. Selain tempat yang dibutuhkan tidak harus luas, dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun bibit yang ditanam akan menghasilkan buah yang dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Hal ini tentu harus dibarengi dengan perawatan yang baik agar bibit dapat tumbuh subur dan sehat.

Tetapi harus dipahami jika merawat bibit buah itu susah susah gampang. Apalagi jika sudah berkaitan dengan serangan hama dan penyakit. Karena hama dan penyakit adalah salah satu penyebab paling besar dari gagalnya pertumbuhan tanaman, bahkan membuat tanaman mati. Hama yang sering menyerang tanaman buah adalah hama penggerek batang. Hama ini sering sekali menempel pada bibit tanaman buah seperti bibit buah mangga, bibit buah durian, bibit buah jambu, dll. Untuk itu sebagai pemilik tanaman buah kita harus mempelajari bagaimana cara membasmi hama penggerek batang ini.

Mengenal Hama Penggerek Batang

Hama Penggerek Batang

Sebelum berbicara tentang cara membasmi hama penggerek batang ada baiknya kita mengetahui hama penggerek batang itu seperti apa. Hama penggerek yang menyerang batang tanaman sebenarnya bermacam-macam tapi masih satu famili yaitu famili cerambycidae. Wujud hama ini mirip kunang-kunang besar dengan antena dan sayap. Walaupun begitu yang melakukan penggerekan pada tanaman buah bukanlah wujud dewasanya, tetapi saat dia masih berbentuk larva.

Biasanya hama ini akan mendarat pada tanaman yang batangnya sudah terluka oleh serangga lain. Lalu dia akan menaruh telurnya pada bekas luka tersebut. Saat telurnya menetas, larva akan menggerogoti batang sambil memakan isinya dan bergerak kedalam sampai pada batang besar untuk mendapatkan nutrisi tambahan. Hal ini dapat membuat batang yang digerek oleh hama ini menjadi busuk bahkan sampai mati.

Gejala yang tampak dari serangan hama penggerek batang ini yaitu adanya lubang pada batang tanaman disertai dengan bubuk kayu sisa gerekan pada tepian lubang. Serangan hama ini akan memberikan efek yang tidak bagus untuk tanaman, yaitu produktifitas tanaman menjadi turun sampai menyebabkan tanaman mati. Untuk itu mari kita bahas cara membasmi hama penggerek batang ini.

1. Cegah Serangan Hama Penggerek Batang

Larva Penggerek Batang

Sebelum bibit buah yang kita tanam diserang oleh hama penggerek batang lakukan lah monitoring untuk melihat apakah dia diserang hama atau tidak. Apabila terlihat hama penggerek batang dewasa berada di bibit buah ana langsung saja dibunuh. Jika anda menemukan cabang yang sudah diserang cara membasmi hama penggerek batangnya adalah dengan memotong cabangnya agar hama tidak bergerak ke batang utama.

2. Gunakan Pestisida Sistemik

Saat bibit buah sudah menjadi dewasa cara membsasmi hama penggerek batang pun harus diubah. Karena akan sangat sulit untuk memonitor tanaman yang sudah dewasa. Cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan pestisida sistemik. Umumnya pestisida sitemik yang sering dipakai adalah imadikoplorid.

Pestisida sistemik memiliki bahan aktif yang akan diserap oleh tanaman dan akan menyebarkannya ke seluruh bagian dalam tanaman dan akan diedarkan keseluruh bagian tanaman sehingga saat ada serangga yang memakan daun atau batang akan mati karena teracuni pestisida ini.
Cara membasmi hama penggerek batang menggunakan pestisida sistemik harus sesuai dengan dosis takaran yang ada pada label kemasan. Gunakan secara rutin 7 sampai 14 hari sekali. Saat tanaman sudah mulai berbuah dan hendak dipetik, hentikan pemberian pestisida 14 hari sebelum masa panen. Hal ini merupakan upaya agar buah terhindar dari residu kimia yang berlebihan.

3. Gunakan Agen Hayati

Cara membasmi hama penggerek yang ketiga adalah dengan melawannya menggunakan musuh alami dari hama ini. Yaitu, larva antagonis Gregarius ectoparasit. Bakteri NEP dan Jamur Beauveria Bassiana.Jamur Beauveria Bassiana merupakan yang paling mudah dan paling umum diaplikasikan, sekarang sudah banyak dijual di toko pertanian. Pengaplikasiannya bisa lakukan penyemprotan pada sore hari karena jamur sangat rentan terhadap matahari. Cara ini paling cocok dilakukan untuk bibit buah yang ditanam di dalam pot yang ukuran pohonnya tidak terlalu besar.

Menggunakan pestisida sistemik tentu saja menjadi cara membasmi hama penggerek batang yang paling ampuh. Tapi penggunaan pestisida juga harus dikontrol, sesuaikan dengan dosis yang ada pada label. Penggunaan pestisida yang berlebihan nantinya akan mempengaruhi rasa dan kualitas dari buah yang dihasilkan.

Bagikan

Cara Membasmi Hama Penggerek Batang pada Tanaman Buah | TANAMAN TROPIS

Diposting oleh

seorang tukang website yang masih belajar

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
TOMI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya TOMI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja