Beranda » Artikel Blog » 7 JENIS ALPUKAT YANG TUMBUH SUBUR DAN OPTIMAL DI DATARAN RENDAH

7 JENIS ALPUKAT YANG TUMBUH SUBUR DAN OPTIMAL DI DATARAN RENDAH

Diposting pada 27 Juni 2020 oleh Zazid Albastomi | Dilihat: 157 kali | Kategori:

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang populer khususnya di Indonesia. Banyak yang menginstimewakan buah yang kaya akan vitamin dan cocok menjadi menu diet sehari-hari ini karena tergiur dengan rasa maupun aromanya yang khas. Buah alpukat merupakan golongan salah satu buah buni, bentuk buahnya bulat seperti telur dengan memiliki panjang kira-kira 5 cm – 20 cm. Secara umum, buah alpukat memiliki warna hijau atau kekuningan berrgantung dengan jenis dan tingkat kematangannya. Saat sudah masak, bual pukat memiliki teksture daging buah yang lembut dan nikmat.

Namun sebagian besar, tanaman alpukat akan tumbuh dengan baik dan berbuah dengan maksimal di dataran tinggi. Namun, tahukan kamu ada juga loh beberapa jenis alpukat yang tumbuh dan dapat berbuah maksimal di dataran rendah. Selain itu, jenis alpukat dataran rendah juga rata-rata memiliki keunggulan tersendiri diantaranya; memiliki ukuran buah yang ideal hingga jumbo, rasa yang enak, hingga cocok untuk dibudidayakan. Penasaran? berikut ini beberapa jenis alpukat dataran rendah sekaligus penjelasanya. Cekidot…

 

1. Alpukat Kendil

Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah yang pertama adalah alpukat kendil. Alpukat kendil merupakan jenis alpukat yang memiliki ukuran buah yang cukup besar menyerupai kendil. Ukuran buahnya dapat mencapai kisaran 1 – 2 kilogram perbuahnya. Selain itu, alpukat kendil juga memiliki daging buah yang tebal juga biji yang mini, dan memiliki rasa yang manis. Jenis alpukat ini dapat tumbuh maksimal pada elevensi 50 mdpl sampai 900 mdpl. Alpukat jenis ini akan bertambah kualitasnya jika ditanam di dataran rendah.

Alpukat kendil juga termasuk jenis alpukat yang genjah, atau pandai berbuah, memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, rasa yang nikmat, hingga harga jual yang tinggi di pasaran maupun di tengkulak. Bentuknya yang jumbo dan unik, membuat jenis alpukat kendil banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat.
Alpukat kendil, sangat rekomended untuk dibudidayakan, apalagi jenis alpukat ini dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah. Bagi kamu yang penasaran dengan keunggulannya dan ingin membudidayakannya, kamu dapat memesan bibit di sini.

2. Alpukat Miki

ALPUKAT MIKI

ALPUKAT MIKI

Selanjutnya Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah, yaitu jenis alpukat miki. Alpukat miki merupakan salah satu jenis alpukat dataran rendah yang unggul. Meski alpukat miki dapat tumbuh dengan baik pada elevensi kisaran 5 mdpl sampai 900 mdpl, namun kualitas buah akan lebih optimal bila ditanam di dataran rendah pada elevensi kisaran 5mdpl – 100 mdpl. Daging buah alpukat miki cukup pulen, padat, dan berwarna kuning keemasan.
Dengan demikian, alpukat miki juga menjadi incaran para pembudidaya, apalagi perawatannya yang cenderung mudah dan tidak rewel. Bagi kami yang ingin membudidayakannya juga, dapat memesan bibit di sini.

3. Alpukat Wina

Alpukat wina merupakan salah satu alpukat lokal unggulan yang dapat tumbuh subuh dan optimal di dataran rendah. Jenis alpukat ini dapat tumbuh di sekitar elevansi 100o mdpl. Hal yang membuatnya menjadi viral adalah adalah bobot ukurannya yang besar yaitu kisaran antara 1,3 sampai 1,8 kg per buahnya. Daging buah alpukat mina tebal, berwarna kuning cantik dan bertesture padat. Alpukat wina juga memiliki rasa yang variatif, mulai dari manis, gurih, dan sedap.

4. Alpukat Algiator

ALPUKAT ALIGATOR

ALPUKAT ALIGATOR

Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah selanjutnya adalah alpukat jenis alligator. Jenis alpukat ini dapat tumbuh dan berbuah optimal pada elevansi kisaran 10 mdpl sampai 900 mdpl. Dan kamu tahu? Produktivitasnya akan lebih banyak, daging buahnya juga tebal serta pulen.
Alpukat alligator juga istimewa pada ukurannya. Bahkan, sempat ada seorang petani yang berhasil membudidayakan jenis alpukat alligator ini dengan ukuran hingga 80 cm.

5. Alpukat Tongar

Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah kemudian adalah alpukat tongar. Alpukat jenis ini memiliki daya tahan yang sungguh kuat, yaitu dapat bertahan hingga 10 hari setelah pemetikan sekalipun. Alpukat tongar juga terkenal pandai berproduksi. Dalam usia tahun perawatannya, alpukat tongar sudah mulai belajar berbuah.

6. Alpukat Tanpa Biji

Alpukat tanpa biji adalah Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah yang selanjutnya. Sesuai dengan namanya, alpukat tanpa biji benar benar memiliki daging buah yang tebal dan tidak memiliki biji sama sekali. Alpukat jenis ini, dapat tumbuh subur dan optimal serta berbuah maksimal pada elevensi 200 mdpl hingga 1000 mdpl, dengan suhu ideal kisaran 20 derajat celcius hingga 25 celcius. Jenis alpukat ini dapat tumbuh maksimal di iklim yang sejuk.

Alpukat tanpa biji memiliki rasa yang tidak kalah dengan jenis alpukat unggulan lainnya. Rasanya manis, daging buah tebal, dan tanpa biji, sungguh perpaduan yang istimewa.
Pohon alpukat tanpa biji sebenarnya memiliki tampilan yang hampir sama dengan jenis alpukat pada umumnya secara fisik. Organ batang memiliki warna coklat, daunnya lonjong dengan warna hijau dan sedikit warna kuning agak kecoklatan pada bagian permukaan bawahnya. Begitu juga pada bentuk buahnya, hampir sama dengan jenis alpukat pada umumnya. Hal yang membuatnya istimewa adalah, jenis alpukat ini tidak memiliki biji.

7. Alpukat Hass

Jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah yang selanjutnya adalah jenis alpukat hass. Jenis alpukat ini adalah jenis alpukat import dari australia yang ditemukan oleh Rudolph Hass, seorang ahli holtikultura terkemuka. Jenis alpukat ini dapat tumbuh dengan subur dan berbiah optimal di dataran rendah.
Demikian penjelasan tentang jenis-jenis alpukat yang dapat tumbuh subur dan optimal di dataran rendah. Buat kamu yang ingin membudidayakan salah satu dari mereka, kamu dapat memesan bibit yang unggul, berkualitas, dan bergaransi di sini.

Bagikan

7 JENIS ALPUKAT YANG TUMBUH SUBUR DAN OPTIMAL DI DATARAN RENDAH | TANAMAN TROPIS

Diposting oleh

seorang tukang website yang masih belajar

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
TOMI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya TOMI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja