Beranda » Artikel Blog » 4 Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Buah

4 Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Buah

Diposting pada 28 Agustus 2020 oleh Zazid Albastomi | Dilihat: 28 kali | Kategori:
Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Buah

Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Buah

Kutu putih (white fly) adalah salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman buah. Hama dari family Pseudococcidae ini memiliki serbuk putih yang menutupi seluruh bagian tubuhnya. Serbuk putih tersebut seperti lilin yang memiliki fungsi untuk melindunginya dari serangan predator, bahkan dapat membuat pestisida tidak berefek apabila tidak mengandung zat perekat. Kutu putih ini biasanya bersarang di buku-buku tanaman atau permukaan daun yang masih muda.

Baca Juga : Cara Membasmi Hama Penggerek Batang Pada Tanaman Buah

Kutu putih melakukan penyerangan secara bergerombol, ditandai dengan banyaknya benang yang menyerupai lilin pada permukaan buah atau permukaan bawah daun. Hama ini menyerang dengan cara mengisap cairan tanaman ke dalam jaringan epidermis daun atau buah. Pada daun yang masih muda dan buah serangan terjadi pada seluruh bagian. Sedangkan pada daun yang sudah tua serangan terjadi di bagian tulang tengah dan urat daun.

Pada saat mengisap cairan tanaman, kutu putih menginjeksi racun ke dalam jaringan tanaman. Sehingga membuat daun tumbuh kerdil dan keriput. Pada buah pepaya, kutu putih juga mengeluarkan embun madu, embun madu akan ditumbuhi cendawan jelaga sehingga membuat permukaan daun dan buah yang diserang menjadi berwarna hitam.

Pada kondisi searangan yang sangat berat, seluruh permukaan daun akan ditutupi oleh hama inisehingga daun akan mengering dan membuat tanaman mati. Serangan berat yang dilakukan pada buah akan menyebabkan buah rusak.

Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengatasi kutu putih pada tanaman buah ini.

Cara penanganan

Ada banyak cara untuk mengatasi hama kutu putih ini. Beberapa cara tersebut yaitu :

1. Pengendalian

Jika serangan yang dilakukan oleh kutu putih masih tergolong ringan. Maka cara untuk mengatasi hama kutu putih ini bisa anda lakukan secara langsung. Menggunakan tangan, kuas, atau vacum cleaner dengan mengaturnya pada tenaga yang paling rendah. Anda juga bisa memotong bagian daun yang diserang oleh kutu putih ini untuk mengurangi resiko menyabar ke bagian daun yang lain.

2. Menggunakan sabun

Kutu putih tidak kuat terkena paparan sinar matahari. Sementara serbuk lilin yang ada pada dirinya dapat melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, sabun dapat digunakan untuk menghilangkan serbuk lilin pada kutu putih ini.

Sabun Cuci Piring

Anda dapat mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat lalu aduk sampai berbusa. Mengatasi kutu putih pada tanaman buah dengan menggunakan sabun cuci piring bisa dilakukan dengan cara disemprot atau mengoleskannya menggunakan spons.

Detergen

Sama seperti menggunakan sabun pencuci piring. Mengatasi hama kutu putih pada tanaman buah menggunakan detergen cukup dengan mencapurkannya dengan air hangat lalu aduk sampai bebrbusa. Lalu oleskan pada bagian yang diserang dengan menggunakan spons atau sikat gigi bekas, ingat hanya oleskan jangan di semprot. Lalu tunggu sepuluh menit dan pastikan semua kutu putih pada bagian tersebut sudah hilang.

Detergen sebenarnya mengandung bahan kimia yang dapat membuat tanaman mati, maka dari itu setelah hama sudah hilang bilas seluruh permukaan yang terkena detergen dengan air sampai benar-benar bersih dan steril.

3. Insektisida organik

Insektisida organik terbuat dari bahan-bahan alami. sehingga ketika anda menggunakannya untuk mengatasi kutu putih pada tanaman buah, membuat tanaman anda relatif aman dan tidak memiliki efek samping. Hama kutu tidak akan mati melainkan hanya pergi. Selain itu tidak akan memberikan efek resistensi pada hama. Anda bisa mendapatkan insektisida organik ini di toko-toko pertanian sekitar.

4. Insektisida kimia

Jika memang sudah tidak bisa mengunakan cara-cara di atas anda bisa menggunakan insektisida kimia. Penggunaan insektisida kimia dalam cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman buah memang dinilai paling cepat dan ampuh. Apalagi saat hama kutu putih ini sudah menyebar luas dan sulit dikendalikan.

Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan insektisida kimia, karena dapat membuat kualitas buah tidak maksimal. Cukup seminggu sekali atau jika parah seminggu dua kali bergantung tingkat serangannya. Semprotkan pada bagian yang ada kutu putihnya, biasanya ada di bagian bawah daun, penyemprotan dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Asalkan jangan saat matahari sedang terik.

Demikian ulasan cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman buah. Pilihlah sesuai dengan serangan yang dialami tanaman anda. Apabila sudah terlihat tanda serangan segera ambil tindakan. Jangan menunggu sampai kutu putih ini menumpuk dan memperluas daerah serangan pada tanaman buah yang anda miliki

Bagikan

4 Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Buah | TANAMAN TROPIS

Diposting oleh

seorang tukang website yang masih belajar

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
TOMI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya TOMI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja